Brilio.net -

Pernahkah kamu makan buah plum? Buah bulat yang berwarna merah ini memiliki banyak manfaat lho. Meskipun masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia, namun buah yang masih satu famili dengan ceri ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Ini berarti kandungan buah plum juga dapat menangkal efek buruk radikal bebas.

Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, buah plum juga dapat menjaga kesehatan mata, mencegah sembelit, menjaga kadar gula darah, dan mencegah osteoporosis. Menariknya lagi, karena buah ini mengandung asam lemak tak jenuh, maka buah plum juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Cara mengolah buah plum juga tidak rumit lho. Meskipun memiliki rasa yang cukup asam, ada beberapa orang yang suka mengonsumsi buah ini secara langsung. Tapi ada juga yang mengolahnya dalam bentuk jus sehingga lebih praktis. Atau kalau kamu ingin mencoba sesuatu yang berbeda, kamu bisa juga mengolahnya menjadi pasta.

Dengan berbagai kemudahan ini, membuat buah plum tidak hanya dapat dikonsumsi orang dewasa saja. Bahkan bayi juga dapat merasakan manfaat buah ini. Buah plum juga memiliki beragam manfaat untuk bayi bahkan sejak dalam kandungan, seperti baik untuk pertumbuhan tulang hingga menjaga kesehatan pencernaan.

Loading...

Nah apa saja manfaat lain buah plum untuk bayi ? Berikut rangkuman brilio.net pada Selasa (19/11) dari berbagai sumber.

1. Baik untuk kesehatan tulang.

Manfaat buah plum untuk bayi © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Mengolah buah plum menjadi jus memberikan manfaat yang baik untuk tulangmu. Hal ini dapat mempercepat pertumbuhan tulang pada janin yang ada di dalam kandungan. Buah plum memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk perkembangan tulang. Beberapa kandungan yang baik untuk kesehatan tulang dalam buah ini adalah bahan anabolik dan antiresorptif. Selain itu juga ada kandungan polyphenol dan potasium berguna dalam membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh.

Manfaat buah plum untuk bayi © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Bayi rentan terserang berbagai penyakit, maka dari itu bayi memerlukan pertahanan tubuh yang baik. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah plum memiliki peran penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, buah plum baik untuk bayi bahkan sejak ia berada di kandungan.

3. Membantu menyehatkan sistem pencernaan.

Manfaat buah plum untuk bayi © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Kandungan serat yang tinggi pada buah plum dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan. Oleh sebab itu buah plum baik untuk kesehatan bayi. Namun jangan lupa pastikan buah sudah tercuci hingga bersih sebelum mengolahnya ya.

4. Menjaga kesehatan mata.

Manfaat buah plum untuk bayi © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Kesehatan mata memang perlu dijaga sejak dini. Apalagi untuk bayi, jangan sampai karena pola asuh yang salah membuat kesehatan matanya menurun. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan mengonsumsi buah plum segar. Buah merah ini merupakan sumber vitamin A dan beta karoten yang berperan dalam menjaga kesehatan mata. Buah plum yang segar mengandung vitamin A yang cukup tinggi, yaitu sekitar 5%. Maka jangan lupa rutin mengonsumsi buah ini untuk mata yang lebih sehat.

5. Meningkatkan asupan zat besi.

Manfaat buah plum untuk bayi © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Vitamin C yang terkandung dalam buah plum memang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh, namun vitamin ini juga dapat meningkatkan asupan zat besi dalam tebuh. Tentu saja hal ini memberikan manfaat baik untuk bayi.

6. Menghindarkan dari sembelit.

Manfaat buah plum untuk bayi © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Sembelit tidak hanya menyerang orang dewasa lho. Sembelit adalah kondisi seseorang kurang lancar dalam proses buang air besar. Biasanya frekuensi buang air besar ini kurang dari tiga kali seminggu. Kalau sudah mengalami sembelit biasanya perut akan terasa tidak nyaman. Buah plum terkenal dengan kandungan serat alami yang sangat tinggi. Kandungan inilah yang bermanfaat untuk memadatkan feses dan melancarkan proses pembuangan akhir. Dengan mengonsumsi buah plum secara teratur dapat menurunkan risiko mengalami sembelit.

7. Mencegah radikal bebas.

Manfaat buah plum untuk bayi © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Radikal bebas bersumber dari polutan dan zat berbahaya. Namun dengan mengonsumsi buah plum secara rutin dapat menangkal radikal bebas. Hal ini karena buah plum memiliki senyawa yang sangat efektif dalam menangkal radikal bebas. Senyawa itu ialah, vitamin C, klorogenat, cryptoxanthin, zea-xanthin, dan fitonutrien.

8. Menjaga kadar gula darah.

Manfaat buah plum untuk bayi © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Buah plum memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, meski begitu hebatnya buah ini tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah berlebihan. Hal ini disebabkan buah plum bisa meningkatkan kadar adinopektin. Adinopektin merupakan hormon yang berperan mengatur kadar gula darah. Selain itu, karena mengandung serat alami, buah plum juga dapat menghambat penyerapan karbohidrat di dalam usus.

9. Memiliki kandungan asam folat.

Manfaat buah plum untuk bayi © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Asam folat sering kali kita temukan dalam kandungan susu ibu hamil. Yaps, karena asam folat ini memiliki peran yang baik untuk pertumbuhan janin. Asam folat memiliki peran untuk membantu tabung saraf bayi berkembang dengan baik. Hal ini dapat menghindarkan bayi dari risiko cacat tabung saraf.