8. Meningkatkan energi

Nanas mengandung kandungan vitamin B6 dan thiamin yang dapat membantu meningkatkan energi tubuh dan mengurangi rasa lelah. Vitamin B6 berperan penting dalam produksi energi sel dan metabolisme karbohidrat, sedangkan thiamin membantu mengubah karbohidrat menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh.

9. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan potasium pada nanas dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki sinyal saraf. Selain itu, kandungan vitamin B6 pada nanas juga berperan penting dalam produksi neurotransmitter, suatu zat kimia yang membantu mengirim sinyal di dalam otak.

10. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Kandungan vitamin C pada nanas dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi. Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen, suatu protein penting yang membantu menjaga kekuatan dan kepadatan gigi dan gusi.

11. Mengurangi risiko asma

Bromelain pada nanas dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan gejala asma. Bromelain bekerja dengan mengurangi produksi sitokin, suatu protein yang berperan dalam peradangan dan pembengkakan pada saluran pernapasan.

12. Menjaga kesehatan sel darah

Nanas mengandung kandungan tembaga yang diperlukan untuk pembentukan sel darah merah dan besi yang penting untuk membantu sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kandungan mangan pada nanas juga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah.

13. Mengurangi risiko radang sendi

Bromelain pada nanas dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi dan meringankan gejala radang sendi seperti nyeri dan bengkak. Bromelain bekerja dengan mengurangi produksi prostaglandin, suatu zat yang berperan dalam peradangan dan nyeri.

14. Meningkatkan sistem imun pada ibu hamil

Kandungan vitamin C pada nanas dapat membantu meningkatkan sistem imun pada ibu hamil dan mencegah infeksi yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Selain itu, kandungan folat pada nanas juga penting dalam perkembangan janin dan mencegah cacat tabung saraf.

15. Menjaga kesehatan saluran kemih

Kandungan air pada nanas dapat membantu menjaga kesehatan saluran kemih dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Selain itu, kandungan bromelain pada nanas juga dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran kemih dan meningkatkan fungsi ginjal.