Brilio.net - Tauge biasanya ditemukan dalam hidangan Asia dan populer di banyak negara di seluruh dunia, karena kandungan gizi tinggi dan manfaat kesehatan beragam. Tauge berasal dari Asia Timur dan biasanya terbuat dari kacang hijau atau kedelai.

Di Jepang, tauge dikenal sebagai moyashi dan sering digunakan sebagai bahan dalam hidangan seperti nabemono dan yakiniku. Sementara itu, di Indonesia, tauge biasanya digunakan sebagai bahan dalam hidangan seperti gado-gado, pecel, dan mie goreng.

Selain enak, tauge juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya yakni untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita. Melansir dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan reproduksi adalah keadaan sehat secara fisik, mental, sosial, fungsi, dan proses yang berkaitan dengan sistem reproduksi.

Selain itu, masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari tauge. Berikut 9 manfaat tauge untuk wanita yang jarang diketahui, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (2/3).

Manfaat tauge untuk wanita © 2023 brilio.net

Manfaat tauge untuk wanita
© 2023 brilio.net/pixabay.com

 1. Menjaga kesehatan tulang.

Tauge mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. Konsumsi tauge secara teratur dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis pada wanita.

2. Menjaga kesehatan kulit.

Tauge mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu mencerahkan kulit dan mencegah penuaan dini. Selain itu, tauge juga mengandung vitamin E yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

3. Menjaga kesehatan rambut.

Tauge mengandung biotin yang merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks yang diperlukan untuk kesehatan rambut. Biotin membantu memperkuat rambut dan mencegah kerontokan. Selain itu, biotin juga membantu meningkatkan elastisitas dan kekuatan rambut, serta dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala.

Kekurangan biotin dalam tubuh dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah patah, sehingga konsumsi tauge dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Selain itu, tauge juga mengandung vitamin C dan E yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

4. Menjaga kesehatan jantung.

Tauge mengandung serat yang baik untuk kesehatan jantung karena dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Tauge juga mengandung kalium yang dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan mengatur tekanan darah. Kalium juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Tauge mengandung antioksidan yang penting untuk kesehatan jantung, di mana kandungan ini dapat membantu melindungi sel-sel jantung dari kerusakan dan peradangan yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kandungan vitamin C dan E dapat membantu melindungi sel-sel jantung dari kerusakan dan peradangan.

5. Menjaga kesehatan pencernaan.

Tauge mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

Manfaat tauge untuk wanita © 2023 brilio.net

Manfaat tauge untuk wanita
© 2023 brilio.net/pixabay.com

6. Mengatasi gejala menopause.

Sebagian wanita mengalami gejala menjelang menopause yang cukup mengganggu. Salah satunya yakni gangguan panas (hot flashes). Adapun ini sering terjadi pada wanita berusia 40 tahun ke atas.

Jurnal Gynecologic and Obstetric Investigation menemukan bahwa, vitamin E pada tauge dapat meredakan hot flashes yang sering timbul saat malam hari.

7. Menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Tauge mengandung vitamin C dan E yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

8. Menjaga kesehatan reproduksi.

Tauge mengandung vitamin B kompleks, termasuk asam folat yang penting untuk kesehatan reproduksi wanita. Asam folat adalah nutrisi yang sangat penting bagi wanita yang berencana hamil dan wanita hamil, karena dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang sedang dikandung.

Asam folat juga membantu mengatur siklus menstruasi dan dapat membantu meningkatkan kesuburan pada wanita. Selain itu, tauge juga mengandung zat besi yang dapat membantu mencegah anemia, yang dapat mempengaruhi kesuburan pada wanita. Karena itu, konsumsi tauge secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan reproduksi pada wanita.

9. Menjaga kesehatan selama kehamilan.

Tauge mengandung asam folat yang sangat penting bagi perkembangan janin selama kehamilan dan dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi.