Brilio.net - Menjadi orang tua yang memiliki bayi tentu membutuhkan tenaga ekstra untuk merawatnya, terlebih dalam menjaga kesehatannya. Hal ini dikarenakan bayi rentan terserang penyakit sebab sistem kekebalan tubuh mereka belum sepenuhnya berkembang dan masih dalam tahap pertumbuhan. Sistem kekebalan tubuh bayi baru mulai terbentuk selama kehamilan dan akan terus berkembang seiring bertambahnya usia.

Selain itu, bayi juga belum terpapar banyak dengan mikroorganisme di lingkungan sekitarnya, sehingga sistem kekebalan tubuh mereka belum terlatih untuk melawan berbagai infeksi. Selama proses kelahiran dan setelahnya, bayi juga terpapar dengan berbagai mikroorganisme di lingkungan yang mungkin belum pernah dihadapi sebelumnya, sehingga mereka rentan terkena infeksi.

Faktor lain yang membuat bayi rentan terkena penyakit adalah karena organ dan sistem tubuh mereka masih dalam tahap perkembangan. Sistem pencernaan, pernapasan, dan sirkulasi darah pada bayi belum sepenuhnya matang dan belum berfungsi dengan optimal, sehingga mereka lebih mudah terkena infeksi dan gangguan kesehatan lainnya. Salah satu penyakit yang kerap menyerang bayi adalah hernia.

Hernia pada bayi terjadi ketika organ di dalam perut keluar melalui celah atau lemahnya dinding perut, sehingga menimbulkan benjolan yang dapat terlihat atau diraba pada area tersebut. Faktor risiko hernia antara lain faktor genetik, umur, kehamilan, obesitas, merokok, dan aktivitas fisik yang berat. Namun, apa yang menyebabkan bayi terserang hernia? Yuk simak 11 penyebab hernia pada bayi, yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (20/2).