Brilio.net - Kopi merupakan minuman yang sangat populer di seluruh dunia. Minuman satu ini juga menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi banyak orang. Ada berbagai jenis kopi yang berasal dari berbagai daerah di dunia dengan citarasa dan aroma yang berbeda-beda antara lain, seperti Arabika, Robusta, Liberika, hingga Excelsa.

Kopi pertama kali ditemukan di Ethiopia pada abad ke-9 oleh seorang penggembala yang melihat kambingnya sangat bersemangat setelah memakan daun dari pohon kopi. Setelah mengeksplorasi lebih lanjut, biji kopi akhirnya ditemukan dan diolah menjadi minuman kopi yang dikenal saat ini. Selain rasanya yang khas dan aromanya menenangkan, kopi juga diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Salah satunya untuk menurunkan berat badan dalam program diet. Kopi dapat membantu proses diet karena kandungan kafein yang dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak. Selain itu, kopi juga dapat membantu menekan nafsu makan, sehingga mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi sehari-hari. Minum kopi dengan dosis tepat dan pola makan yang sehat dan olahraga teratur dapat membantu mempercepat proses penurunan berat badan.

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), batas konsumsi kafein maksimum yaitu sebanyak 150 miligram per hari, yang dibagi minimal dalam 3 dosis. Peneliti dari National Health and Nutrition Examination Survey, yang diselenggarakan Center for Disease Control (CDC) di Amerika Serikat melihat hubungan antara cangkir kopi yang diminum per hari, dan persentase lemak tubuh total.

Diketahui bahwa perempuan berusia 20-44 tahun yang minum 2 atau 3 cangkir kopi per hari memiliki tingkat adipositas atau kegemukan terendah, 3,4 persen lebih rendah daripada orang yang tidak mengonsumsi kopi. Di antara perempuan berusia 45-69 tahun, mereka yang minum 4 cangkir atau lebih memiliki persentase adipositas 4,1 persen lebih rendah.

Untuk kamu yang ingin mencoba diet menggunakan kopi, yuk simak 9 manfaat kopi untuk diet, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (27/2).