Brilio.net - Saat perayaan Hari Raya Idul Fitri, makanan yang dihidangkan biasanya kaya akan lemak dan kolesterol, seperti rendang, ketupat, dan kue-kue kering. Meski terlihat lezat, namun makanan tersebut bisa menaikkan kadar kolesterol jika dikonsumsi secara berlebihan. Nah, salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh setelah makan berlebihan adalah dengan mengkonsumsi kentang rebus.

Seperti diketahui, kentang merupakan sayur kaya akan karbohidrat dan rendah kolesterol. Kentang juga mengandung serat yang dapat membantu mengikat kolesterol dalam tubuh dan membuangnya dari sistem pencernaan. Dengan mengganti nasi atau makanan berlemak lainnya dengan kentang rebus, kamu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Kentang rebus kaya akan kandungan potassium, mineral yang penting untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dengan mengonsumsi kentang rebus, dapat membantumu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kentang rebus memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat. Dengan mengonsumsi kentang rebus sebagai pengganti makanan yang tinggi kalori, juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Kentang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, namun kentang yang diolah dengan proses penggorengan atau dijadikan cemilan olahan lainnya dapat menurunkan manfaat dari kentang tersebut. Selain membantu menurunkan kadar kolesterol, kentang rebus juga memiliki manfaat lain yang tak kalah bagus untuk tubuh hingga rambut.

Penasaran apa saja? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (21/4), berikut 15 manfaat kentang rebus.

1. Jaga sistem pencernaan dan cegah sembelit.

Manfaat kentang rebus, bantu turunkan kolesterol saat lebaran © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Kentang rebus mengandung serat tinggi yang dapat membantu mengikat kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh. Serat juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

2. Bantu turunkan tekanan darah.

Kentang rebus mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

3. Menjaga berat badan yang sehat.

Kentang rebus mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi yang stabil dan membuat kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mencegah obesitas. Obesitas sendiri merupakan faktor penyebab penyakit jantung dan stroke.

4. Kurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Kentang rebus mengandung antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan akibat radikal bebas. Kandungan antioksidan ini juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan kanker.