Brilio.net - Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, pembahasan mengenai ide pokok paragraf selalu ada di setiap jenjang pendidikan. Ide pokok paragraf merupakan ide yang menjadi pokok dari semua pembahasan dalam suatu paragraf. Ide pokok paragraf juga disebut sebagai inti dari informasi bacaan yang ingin disampaikan penulis kepada pembacanya.

Namun, ide pokok paragraf mempunyai istilah lain yang juga disebut dengan pokok atau gagasan utama. Ide pokok paragraf biasanya ditemukan pada awal kalimat paragraf. Namun bisa juga ditemukan di akhir kalimat paragraf.

Pada umumnya, ide pokok pada sebuah paragraf memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

1. Memiliki kalimat penjelas atau kalimat pendukung untuk menjelaskan ide pokok yang ada pada sebuah paragraf.

2. Biasanya terdapat penjelasan ataupun alasan yang menopang ide pokok tersebut.

3. Ide pokok berfungsi sebagai inti dari sebuah paragraf dan biasanya menjadi sebagai pusat pembahasan.

Adapun cara menemukan ide pokok dalam sebuah paragraf, antara lain:

1. Baca seluruh paragraf dengan cermat. Kamu perlu dengan cermat dalam membaca sebuah paragraf.

2. Cermati kalimat pertama hingga akhir. Paragraf yang terdiri dari beberapa kalimat harus kamu cermati ketika membacanya.

3. Baca tiap kalimatnya.

4. Tandai ide pokok.

5. Tandai info penting.

Berikut adalah salah satu contoh menentukan ide pokok dalam paragraf:

Pohon memberikan berbagai manfaat bagi manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Pohon bermanfaat sebagai sumber makanan, obat maupun bahan industri. Salah satu peranan pohon yang paling penting bagi manusia dan segala makhluk hidup adalah pohon merupakan penghasil udara segar yang ada di dunia.

Ide pokok dari paragraf di atas adalah manfaat pohon bagi kesehatan makhluk hidup.

Berdasarkan paragraf yang ada di atas, dapat dilihat, kalimat pertama merupakan kalimat utama dari paragraf tersebut, dan kalimat yang lain berguna menjadi kalimat penjelas dari kalimat utama yang ada. Seperti yang dilihat dari kalimat "Pohon bermanfaat sebagai sumber makanan, obat maupun bahan industri" yang mengindikasikan pohon memberikan berbagai manfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasan mengenai contoh soal ide pokok paragraf yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (5/10).

MAGANG: ANNISA DHEANING TRIPRASIWI

(brl/jad)