Brilio.net - Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali ditemukan ungkapan-ungkapan persetujuan, ungkapan tersebut seringkali digunakan saat sedang melakukan rapat, obrolan dengan teman, sesi tanya jawab, dan lain sebagainya.

Ungkapan persetujuan dalam bahasa Inggris dapat disebut dengan expressing agreement. Dengan mempelajari expressing agreement dapat membantu seseorang untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris dalam hal asking and giving opinion.

Supaya dapat memahami dengan jelas, berikut ini adalah penjelasan tentang expressing agreement yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (12/12).

Pengertian expressing agreement

Kalimat expressing agreement  istimewa

foto: pexels.com

Secara umum expressing agreement adalah bentuk ekspresi untuk mengungkapkan atau menyatakan suatu persetujuan. Expressing agreement dapat juga diartikan sebagai sebuah ungkapan atau sikap setuju (verbal atau nonverbal) terhadap tindakan pendapat orang lain.

Sedangkan, menurut Oxford Advanced Learner Dictionary, agreement adalah the state of sharing the same opinion or feelings atau dapat diartikan expression of agreement biasanya digunakan saat seseorang akan menyampaikan persetujuan terhadap suatu pendapat atau opini.

Expressing agreement biasanya digunakan saat seseorang dalam posisi menjadi lawan bicara dan merasa nyaman atau cocok tentang apa yang sedang dibicarakan oleh pembicara dalam bentuk; opini, ungkapan, gagasan, argumen. Sehingga dalam posisi seperti itu biasanya seseorang memilih untuk agree (setuju).

Jenis expressing agreement

Expressing agreement memiliki dua jenis dalam penyampaiannya serta penggunaanya. Berikut adalah jenis expressing agreement yang sering digunakan dalam suatu percakapan bahasa Inggris:

a. Expressing agreement (just agree)

Expressing agreement just agree merupakan suatu ungkapan yang biasa dipakai saat sedang merasa setuju, tetapi bisa saja ungkapan tersebut hanya untuk menjaga perasaan si pembicara. Biasanya ungkapan jenis ini digunakan oleh bawahan atau seseorang people pleaser (seseorang yang tidak bisa menolak). Berikut ini adalah ungkapan just agree yang sering digunakan:

- Yes. (Ya)
- Cool. (Keren)
- Right. (Benar)
- Great. (Bagus)
- Agreed. (Setuju)
- I know. (Aku tahu)
- I agree. (Aku setuju)
- That's right. (Itu benar)
- You're right. (Kamu benar)
- No problem. (Tidak masalah)
- Fine with me. (Tidak masalah)
- It certainly is. (Memang begitu)
- I'm with you. (Saya sependapat denganmu)
- I feel the same. (Aku merasakan hal yang sama)
- I am of the same opinion. (Pendapat saya sama)

b. Expressing agreement (strongly agree)

Expressing agreement jenis ini merupakan bentuk ungkapan persetujuan yang digunakan saat seseorang benar-benar menerima gagasan dari si pembicara atau dapat juga gagaan si pembicara merupakan suatu gagasan yang sama untuk diungkapkan (keputusan bersama), biasanya ungkapan ini seringkali ditemukan dalam rapat, seminar, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah ungkapan strongly agree yang sering digunakan dalam bahasa Inggris:

- Exactly! (Tepat)
- Absolutely. (Tepat sekali.)
- Great idea! (Ide yang hebat!)
- That's for sure. (Itu sudah pasti.)
- That's so true. (Itu sangat benar.)
- Sounds great! (Kedengarannya bagus!)
- I agree with that. (Aku setuju dengan itu.)
- You're absolutely right. (Kamu benar sekali.)
- (slang) Tell me about it! ((Bahasa gaul) Nah, kan!)
- That's exactly how I feel. (Itulah yang saya rasakan.)
- I fully support the idea. (Saya mendukung penuh ide tersebut.)
- I certainly agree with you. (Saya benar-benar setuju denganmu.)
- I couldn't agree with you more. (Saya sangat setuju dengan kamu.)
- I fully support the idea. (Saya sepenuhnya mendukung gagasan itu.)
- I agree with you 100 percent (Aku setuju dengan kamu 100 persen.)