Brilio.net - Perubahan teknologi hingga kini masih terus terjadi dan semakin dirasakan manfaatnya bagi kehidupan manusia. Banyak aspek kehidupan manusia yang semakin tersentuh dengan teknologi. Dunia medis, sarana komunikasi, pendidikan, ekonomi, hingga perbankan.

Salah satu pemanfaatan teknlogi dalam dunia perbankan yakni dengan munculnya mobile banking atau sering disebut m-banking. Mobile banking merupakan layanan yang memungkinkan nasabah bank melakukan transaksi perbankan melalui ponsel atau smartphone. Layanan mobile banking dapat digunakan dengan menggunakan menu yang sudah tersedia melalui aplikasi yang dapat diunduh dan diinstal oleh nasabah.

Kini, hampir semua bank di Indonesia sudah memiliki layanan m-banking salah satunya yakni bank Mandiri. Layanan m-banking ini bisa digunakan melalui aplikasi Livin’ by Mandiri. Untuk menggunakannya, ada beberapa syarat dan cara yang harus diperhatikan oleh nasabah. Sebagai upaya memudahkan nasabah untuk menikmati layanan m-banking, nasabah bisa melakukan aktivasi m-banking dimanapun tanpa harus datang ke kantor cabang bank Mandiri terdekat.

Berikut 9 cara mengaktifkan m-banking Mandiri, dirangkum dari bankmandiri.co.id pada Selasa (8/3).

- Syarat membuat m-banking Mandiri.

Cara mengaktifkan m-banking Mandiri © 2022 brilio.net

foto: bankmandiri.co.id

1. Kamu harus terdaftar sebagai nasabah bank Mandiri terlebih dahulu. Jika belum memiliki rekening Mandiri, kamu bisa datang ke cabang bank Mandiri terdekat atau buka rekening Mandiri online melalui join.bankmandiri.co.id.

2. Punya kartu Mandiri debit atau kartu ATM.

3. Mengaktifkan fitur SMS finansial dan memiliki MPIN. Hubungi Mandiri Call 14000 atau kunjungi cabang terdekat untuk mengetahui status SMS Finansial kamu dengan membawa kartu identitas, kartu debit dan buku Mandiri tabungan.

4. Memiliki nomor telepon dari salah satu operator. Bisa Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren dan 3 (Tri). Pastikan pulsa kamu mencukupi. Aplikasi Livin' by Mandiri akan mengirimkan SMS untuk memverifikasi nomor yang telah kamu daftarkan. Biaya akan dibebankan kepada penerima.

5. Spesifikasi minimum OS smartphone untuk Livin' by Mandiri adalah Android minimal lolipop 5.1 atau iOS versi 8 ke atas.

- Cara mengaktifkan m-banking Mandiri.

Cara mengaktifkan m-banking Mandiri © 2022 brilio.net

foto: play.google.com

1. Dowload aplikasi Livin' by Mandiri di Play Store atau App Store pada smartphone.

2. Selanjutnya, buka aplikasi Livin’ by Mandiri
dan klik 'Login'.

3. Masukkan nomor mandiri kartu debit milikmu beserta tanggal kadaluarsa kartu (expiry date).

4. Masukkan tanggal lahirmu, kemudian klik 'Lanjut'.

5. Lakukan verifikasi perangkat dengan klik 'Kirim SMS Verifikasi'. Kirim SMS verifikasi kemudian segera kembali ke aplikasi Livin'. Pastikan SMS premium aktif dan pulsa mencukupi.

6. Selanjutnya akan muncul notifikasi 'Verifikasi Nomor HP Berhasil'. Kemudian, tentukan user ID dan buat password yang sulit ditebak untuk memenuhi kriteria keamanan di Livin' by Mandiri.

7. Buat PIN untuk autentikasi transaksi di Livin' by Mandiri. Konfirmasi PIN yang telah kamu buat.

8. Masukkan PIN kartu debit/kredit yang kamu daftarkan m-banking. Kemudian akan muncul notifikasi 'Berhasil'.

9. Aktivasi Livin' by Mandiri kamu telah selesai. Kamu bisa masuk dengan menggunakan user ID dan password yang telah dibuat.