Brilio.net - Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kartu debit adalah kartu bank yang dapat digunakan untuk membayar suatu transaksi dan/ atau menarik sejumlah dana atas beban rekening pemegang kartu yang bersangkutan dengan menggunakan personal identification number (PIN).

Kartu debit juga bisa diartikan sebagai kartu pembayaran non-tunai yang diterbitkan suatu bank dan mengacu pada saldo yang ada di rekening bank tersebut. Dengan kartu ini, pengguna bisa melakukan pembayaran non-tunai sesuai jumlah saldo, tarik tunai, hingga cek saldo.

Cara menggunakan kartu debit untuk belanja juga sangat mudah. Bahkan saat ini, sudah banyak merchant atau toko yang mengutamakan pembayaran nontunai dengan debit card. Kamu bisa menggunakan kartu debit untuk pembayaran di minimarket, supermarket, restoran, butik, toko elektronik, yang menyediakan EDC untuk kartu berlogo Visa dan Mastercard.

Bagi pengguna kartu debit baru, beberapa orang terkadang masih bingung bagaimana cara menggunakannya untuk belanja. Dengan kartu debit ini, kamu juga nggak perlu repot membawa uang tunai terlalu banyak. Berikut cara belanja pakai kartu debit dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (19/7).

belanja pakai kartu debit © 2022 brilio.net

foto: freepik.com