Brilio.net - Pada era modern ini, teknologi semakin canggih dan berkembang. Termasuk dalam aktivitas transaksi perbankan yang kini bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Dulu para nasabah melakukan cek saldo atau kirim uang harus datang ke bank. Tapi saat ini, mereka bisa melakukan transaksi perbankan hanya dengan lewat HP.

Salah satu bank yang juga telah mengikuti kemajuan teknologi ini adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). BRI sendiri merupakan salah satu bank tertua dan terbesar milik pemerintah Indonesia. Bank ini didirikan pertama kali di Purwokerto pada 16 Desember 1895.

Sejauh ini, sudah banyak prestasi yang diraih bank BRI, di antaranya Top 2 Financial Institutions 2018, The Best Corporate (2021), Transformasi Bisnis & Organisasi terbaik 1 (2021) dan Tata Kelola Perusahaan (GCG) terbaik 1 (2021).

Sebagai nasabah, melakukan pengecekan saldo sebaiknya dilakukan secara rutin. Terlebih jika kamu kerap berbelanja menggunakan kartu ATM. Jangan sampai saldo ATM kamu terkuras habis akibat kamu tidak pernah mengeceknya.

Selain itu, dengan melakukan cek saldo, kamu akan segera mengetahui apabila terdapat transaksi-transaksi mencurigakan. Jika hal itu terjadi, kamu bisa segera ambil tindakan sebelum kamu dirugikan. Tak perlu ribet, kini kamu pun bisa melakukan beberapa cara cek saldo tabungan BRI. Mulai dari lewat mesin ATM hingga menggunakan HP.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (17/12), enam cara cek saldo tabungan BRI yang mudah dan praktis.

1. Melalui mesin ATM BRI.

Cara cek saldo tabungan BRI © berbagai sumber

foto: freepik.com

Cara cek saldo tabungan BRI melalui mesin ATM merupakan salah satu cara yang sudah sangat lazim dilakukan oleh banyak orang. Melalui mesin ATM ini para nasabah biasanya bukan hanya melakukan cek saldo saja, tapi juga melakukan penarikan uang tunai atau melakukan transaksi lainnya. Berikut langkah-langkah cek saldo tabungan BRI lewat mesin ATM.

a. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM pada slot kartu yang tersedia.

b. Pilih bahasa yang akan digunakan, lalu klik Lanjutkan.

c. Lalu masukkan nomor PIN kartu ATM.

d. Pilih menu Transaksi lain, klik Info Rekening.

e. Pilih menu Info Saldo, tunggu beberapa menit.

f. Pada layar monitor akan ditampilkan jumlah saldo tabungan dalam kartu ATM.

2. Melalui kantor bank BRI terdekat.

Cara cek saldo tabungan BRI © berbagai sumber

foto: Instagram/@bankbri_id

Saat ini sangat jarang nasabah yang mengecek saldo dengan datang langsung ke kantor BRI. Biasanya mereka ke kantor cabang BRI terdekat jika ingin melakukan transaksi tertentu, misalnya mengajukan pinjaman uang. Sebenarnya salah satu kelebihan cek saldo lewat bank BRI yakni bisa mencetak mutasi rekening atau transaksi yang telah dilakukan, karena saldo dan riwayat transaksi akan tercetak di buku tabungan. Berikut cara mudah cek saldo lewat kantor bank BRI terdekat.

a. Datang ke kantor cabang BRI terdekat.

b. Pastikan bawa buku tabungan dan kartu identitas.

c. Ambil antrean ke teller.

d. Isi slip penyetoran jika ingin sekalian menabung.
Jika tidak ingin melakukan setoran, langsung saja ke teller dan sampaikan bahwa mau mencetak atau print buku tabungan.

e. Jika sudah, maka informasi saldo akan tercetak dengan jelas di buku tabungan tersebut.

3. Melalui SMS banking.

Cara cek saldo tabungan BRI © berbagai sumber

foto: freepik.com

Cara lain yang bisa dilakukan untuk cek saldo tabungan BRI yakni melalui SMS banking. Tentu cara ini akan memakan pulsa. Sehingga, pastikan kartu provider sudah terisi pulsa secukupnya. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan oleh nasabah yang sudah mengaktifkan SMS banking dari kantor BRI. Dengan SMS banking, nasabah bisa melakukan cek saldo di mana saja dan kapan saja. Berikut cara mudah melakukan cek saldo lewat SMS banking.

a. Buka aplikasi pesan atau SMS pada HP.

b. Pilih menu Buat pesan atau Tulis pesan.

c. Ketik SMS dengan format SALDO (spasi) PIN.

d. Kirim SMS ke nomor 3300.

e. Tunggu balasan SMS dari bank BRI berupa jumlah saldo pada rekening bank.

4. Melalui internet banking.

Cara cek saldo tabungan BRI © berbagai sumber

foto: ib.bri.co.id/ib-bri/

Selain lewat SMS banking, para nasabah bisa cek saldo tabungan BRI lewat internet banking. Tentu cara ini berbeda dengan SMS banking. Layanan ini tidak akan memakan pulsa, tapi menggunakan paket data alias kuota. Jadi pastikan HP atau laptop yang digunakan terkoneksi ke jaringan internet.

Untuk menggunakan cara ini nasabah harus melakukan pendaftaran di kantor BRI terlebih dahulu. Setelah terdaftar, nasabah bisa mengakses internet banking untuk cek saldo BRI lewat HP seperti berikut ini.

a. Buka tautan website resmi BRI, https://bri.co.id/internet-banking.

b. Lakukan registrasi akun.

c. Pilih menu Login, klik Internet Banking Personal.

d. Lalu pilih menu Informasi Rekening.

e. Tunggu beberapa saat, maka sistem akan menampilkan jumlah saldo tabungan di rekening BRI.

5. Melalui aplikasi BRI Mobile.

Cara cek saldo tabungan BRI © berbagai sumber

foto: Instagram/@bankbri_id

Kini, BRI juga menghadirkan aplikasi BRI Mobile yang bisa mempermudah segala transaksi perbankan. Dengan aplikasi ini, cek saldo BRI bisa dilakukan kapan saja lewat Hp, tanpa perlu repot-repot membuka browser. Cara ini juga akan memakan paket data, jadi pastikan HP terkoneksi dengan internet. Sama seperti cara sebelumnya, para nasabah juga harus melakukan pendaftaran akun ke kantor BRI terdekat. Jika sudah mengurusnya, ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini.

a. Download dan instal aplikasi BRI Mobile.

b. Buka aplikasi BRI Mobile yang sudah terpasang.

c. Pilih menu Mobile Banking BRI.

d. Selanjutnya, klik menu Info.

e. Pilih menu Info Saldo.

f. Masukkan nomor PIN yang sudah terdaftar.

g. Setelah itu akan muncul notifikasi Mobile Banking BRI, pilih OK.

h. Jumlah saldo tabungan akan dikirimkan melalui SMS.

6. Menghubungi Call Center BRI.

Cara cek saldo tabungan BRI © berbagai sumber

foto: freepik.com

Alternatif terakhir untuk cek saldo tabungan BRI yakni dengan menghubungi Call Center BRI. Sebelum melakukan panggilan, siapkan dahulu KTP dan juga nomor rekening BRI yang akan dicek. Setelah itu sambungkan panggilan ke nomor 14017 atau 1500017. Setelah tersambung, tanyakan saja jumlah saldo yang tersisa dalam rekening BRI.