Brilio.net - Apa yang ada di benak kamu ketika bicara soal kantor bank? Pasti banyak yang beranggapan soal ruangan dengan beberapa meja kerja, lalu ada spot teller. Tapi bagaimana jika sebuah bank justru punya konsep yang berbeda, ala-ala gym gitu.  

Cara inilah yang ditampilkan Bank OCBC NISP dengan membuka kantor cabang pertama di Indonesia berkonsep gym, Financial Fitness Gym, di Mall Ciputra World Surabaya Mall Extension, lantai 2. Pembukaan kantor cabang berkonsep gym ini bertujuan untuk membantu anak muda mengelola keuangan mereka agar sehat.

“Kita ingin mengubah mindset anak muda agar financially fit dulu, baru crazy rich kemudian. Jadi konsep ini kami suguhkan agar anak-anak muda punya keuangan yang sehat,” ujar Jenny Hartanto, National Network Head Bank OCBC NISP saat acara pembukaan Financial Fitness Gym belum lama ini.   

Bank rasa gym © 2021 brilio.net Dok. OCBC NISP

Lewat Financial Fitness Gym dari Nyala OCBC NISP ini, setidaknya cara pandang anak muda terhadap sebuah kantor cabang bank bisa berubah. Tidak lagi konvensional.  

Layaknya sebuah gym, kantor cabang ini bisa melatih dan menguatkan otot-otot keuangan para anak muda. Di sini, kamu bisa mendapat pemahaman finansial. Lalu juga dapat memperbaiki kebiasaan manajemen keuangan serta meluruskan mindset agar dapat mengambil keputusan keuangan yang tepat.

Selain itu kamu juga bisa mengikuti kelas-kelas personal finance dan entrepreneurship, termasuk melakukan financial fitness check-up dan konsultasi keuangan dengan para Nyala Buddy dan Nyala Trainer.

Selain bisa memberikan pemahaman mengenai kesehatan keuangan, di sini kamu juga bakal dimanjakan dengan berbagai spot menarik dan istagramable. Nah spot kece apa saja yang dapat membuat kamu betah berlama-lama belajar manajamen keuangan di kantor bank yang kekinian ini?

1. Lorong cuan

Bank rasa gym © 2021 brilio.net

Kamu pasti seringh melihat kucing keberuntungan alias maneki neko. Nah saat memasuki Financial Fitness Gym besutan Nyala OCBC NISP ini, setiap tamu akan disambut ratusan maneki neko yang disebut Cuan Cat yang dipajang di lorong cuan (Cuan Tunnel), sebuah hidden gem kekinian. Dinamakan demikian karena saat ini banyak anak muda yang berusaha mengejar cuan, punya gaya hidup bak Sultan. Sayangnya masih banyak yang belum punya pemahaman mengenai pengelolaan keuangan yang sehat.

Nah uniknya, Cuan Cat yang dipajang di sini memiliki beragam pose layaknya sedang melakukan gerakan nge-gym. Keberadaan Cuan Cat di sini sebagai simbol pemberi semangat bagi anak muda untuk mulai memerhatikan kesehatan keuangan mereka. Nah untuk 88 pendaftar pertama sebagai member atau nasabah akan mendapatkan satu Cuan Cat.

2. Warm up lounge

Bank rasa gym © 2021 brilio.net Jenny Hartanto, National Network Head Bank OCBC NISP

Setelah melalui Cuan Tunnel, pengunjung bisa mendapatkan informasi termasuk mendaftarkan diri untuk mengikuti rangkaian program menarik di Financial Fitness Gym ini di area warm up lounge.

3. Area anjungan tunai mandiri

Bank rasa gym © 2021 brilio.net

Tak jauh dari warm up lounge, terdapat area anjungan tunai mandiri (ATM) yang disebut money dash. Zona ATM ini diperuntukan bagi pengunjung untuk bertransaksi keuangan mulai dari penarikan tunai, transfer, setoran tunai, dan transaksi lainnya.  

4. Ruang pemeriksaan kesehatan keuangan

Bank rasa gym © 2021 brilio.net

Setelah dari warm up lounge, pengunjung dapat melakukan check- up kondisi keuangan di area ruang pemeriksaan kesehatan keuangan (Financial Check Up Spot). Di sini kamu juga bisa berkonsultasi dengan para Nyala Buddy dan Nyala Trainer untuk mengetahui seberapa aman kondisi keuangan kamu. Proses financial check up di sini dilakukan secara digital. Kamu tinggal memasuki ruangan yang tersedia dan mengetahui kondisi keuangan kamu melalui layar yang disediakan. Bergeser sedikit dari financial check up spot, terdapat vending machine Lucky Cat.

5. Dinding keinginan

Bank rasa gym © 2021 brilio.net

Tak jauh dari financial check up spot terdapat area tembok keinginan (Hustle Hall). Ini merupakan art installation di mana pengunjung dapat menulis keinginan mereka pada secarik kertas yang disediakan lalu ditem[pelkan di Hustle Hall. Menariknya, nanti pesan (keinginan) yang kamu tulis akan dibacakan oleh para Nyala Buddy dan Nyala Trainer. Tujuannya agar mereka bisa memberikan solusi supaya keinginan kamu itu dapat terwujud.

6. Ruang belajar

Bank rasa gym © 2021 brilio.net

Nah kamu yang ingin belajar mengenai manajemen keuangan atau ingin menjadi entrepreneur, dapat mengikuti kelas-kelas yang disediakan di ruang belajar (exercise ground). Beragam tema terkait pengelolaan keuangan yang sehat akan disajikan oleh para pakar.

Kamu bisa melihat jadwal yang diberikan. Bisa dilakuklan secara luring maupun daring. Area kelas dan workshop ini didukung LED besar dan beragam fitur multimedia. Jadi kamu bisa lebih seru saat belajar.  

7. Ada cafe dan toko merchandise juga lho

Bank rasa gym © 2021 brilio.net

Nah setelah belajar tentu kamu perlu istirahat kan? Untuk rehat kamu nggak perlu keluar Financial Fitness Gym. Sebab di sini terdapat First Crack Coffee yang menyajikan beragam minuman dan camilan. Buat kamu yang ingin memiliki merchandise Financial Fitness Gym, bisa menyambangi FFG Store yang letaknya bersebelahan dengan First Crack Coffee.

Oh iya, saat bertransaksi di First Crack Coffee ada penawaran khusus jika kamu menggunakan kartu kredit atau kartu debit OCBC NISP hingga 31 Desember 2022. Seru banget kan kantor bank rasa gym ini. Jadi bukan hanya tubuh saja yang perlu bugar, mulai sekarang perhatikan juga kesehatan keuangan kamu.