Brilio.net - Mutasi rekening bank merupakan seluruh catatan atau riwayat transaksi yang terjadi pada sebuah rekening. Mutasi ini mencatat dana yang masuk maupun keluar dari rekening bank.

Fungsi dari mutasi rekening bank ini beragam, mulai dari mengetahui informasi dengan jelas aliran dana di rekeningmu, menjadi bukti transaksi, hingga persyaratan administrasi terkait keperluan keuangan seperti pinjaman. Untuk mengecek mutasi rekening bank ini biasanya diurus secara offline dengan datang ke layanan bank terdekat.

Namun saat ini, kamu tak perlu repot-repot ke bank dan mengantre lama untuk mengecek mutasi rekening. Kamu pun bisa mengeceknya mandiri secara online. Salah satu bank yang memberikan layanan pengecekan mutasi rekening secara online adalah Bank Central Asia (BCA). Lalu, bagaimana cara mengecek mutasi rekening Bank BCA secara online?

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/12), inilah cara cek mutasi Bank BCA secara online dengan mudah dan aman.

1. Melalui ATM BCA.

cek mutasi Bank BCA © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

- Kamu bisa pergi ke ATM BCA terdekat.

- Kemudian masukkan kartu ATM BCA-mu dan ketikkan PIN sebanyak 6 digit.

- Setelah itu, pilih "transaksi lainnya" dan klik "menu informasi".

- Lalu, pilih "mutasi rekening" dan tunggu hingga prosesnya selesai.

- Kamu akan mendapatkan informasi terkait mutasi rekening bank BCA dalam bentuk struk ATM. Struk tersebut memuat data dari lima transaksi terakhir yang telah dilakukan.

2. Melalui BCA Mobile.

cek mutasi Bank BCA © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kejarpromomedan

- Jika kamu belum memiliki aplikasi BCA Mobile, download terlebih dahulu di aplikasi Playstore. Pastikan kamu telah melakukan aktivasi agar bisa melakukan transaksi melalui BCA Mobile.

- Setelah aplikasi BCA Mobile ter-download dan terinstal, kamu bisa membuka aplikasi tersebut.

- Kemudian pilih menu "m-BCA," masukkan kode akses kombinasi huruf dan angka sebanyak 6 digit.

- Lalu pilih menu "m-Info" dan klik "mutasi rekening."

- Pilih "jenis transaksi" sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu bisa memilih informasi untuk semua aliran dana, uang masuk, uang keluar, transfer QR In, dan Transfer QR Out.

- Setelah itu, pilihlah "periode mutasi" sesuai dengan kebutuhanmu. Periode mutasi ini hanya dapat memilih waktu selama tujuh hari pada 31 hari terakhir.

- Pilih "send" dan masukkan PIN m-BCA.

- Kamu pun dapat mengecek mutasi rekening bank BCA. Bahkan, kamu juga bisa menyimpannya dengan klik "save" atau membagikannya dengan memilih "share".

3. Melalui Klik BCA.

cek mutasi Bank BCA © 2021 brilio.net

foto: brilio.net/Tita Meydhalifah

- Bukalah browser melalui laptop maupun HP, kemudian ketikkan https://ibank.klikbca.com/

- Kemudian login dengan memasukkan user ID dan PIN internet banking-mu.

- Setelah itu klik "informasi rekening" dan pilih "mutasi rekening".

- Kamu bisa memilih rentang waktu aliran dana yang keluar dan masuk ke rekeningmu. Jika ingin mengecek mutasi harian, kamu bisa klik "mutasi harian". Kamu hanya bisa mengecek mutasi harian maksimal 31 hari yang lalu.

- Jika ingin memilih mutasi bulanan, kamu bisa pilih "mutasi bulanan". Kamu pun bisa melihat mutasi rekening bulanan, maksimal 2 bulan yang lalu.

4. Melalui Line (VIRA).

cek mutasi Bank BCA © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

- Buka aplikasi Line, pastikan kamu sudah berteman dengan akun Line resmi dari Bank BCA.

- Kemudian mulai dengan chat dan pilih menu "perbankan".

- Lalu, pilih "cek mutasi rekening" dan kamu pun akan mengetahui lima transaksi terakhir dari rekeningmu.

(brl/red)

(brl/red)