Brilio.net - Ramadan dimanfaatkan oleh sebagian besar ecommerce di Indonesia menggoda konsumen untuk berbelanja di platform mereka. Sejumlah diskon menarik pun digelar untuk menarik pembelanja di bulan puasa ini. Tak heran bila Ramadan dijadikan momentum untuk berbelanja.

Ternyata saat Ramadan keuntungan tak hanya didapat dari masyarakat yang membeli barang dengan harga murah, tapi para pelaku usaha jualan online. Dari siaran pers yang brilio.net terima dari Shopback, mengungkapkan bahwa Pada Ramadan platform e-commerce mencatat kenaikan transaksi 3-5 kali lipat dibanding bulan sebelumnya.

Head of Business Development Shopback, Yolanda Margaretha, mengatakan Ramadan memang selalu menjadi salah satu momentum yang dimanfaatkan para pelaku e-commerce untuk meningkatkan nilai transaksi.

"Daya beli masyarakat pada Ramadan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini pun ditujukan dengan rata-rata belanja masyarakat pada Ramadan tahun lalu yang mencapai Rp 1,2 juta, meningkat 74% dibanding tahun sebelumnya," ujar Yolanda.

Ramadan tahun ini pun ia memprediksi nilai rata-rata belanja masyarakat pada Ramadan tidak terlalu mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. "Namun, kami optimis, tahun ini jumlah pemesanan serta nilai transaksi di ShopBack bisa naik hingga 2 kali dibandingkan Ramadan sebelumnya," ungkapnya.

Loading...

Yolanda menambahkan, transaksi melonjak biasanya terjadi pada 10-11 hari menjelang Ramadan dan puncaknya pada minggu ketiga Ramadan, dimana masyarakat sudah mulai menerima bonus THR. "Sedangkan untuk waktu belanja, pengguna lebih sering berbelanja pada pukul 11.00-15.00 WIB," terangnya.