Brilio.net - Masih adanya pandemi Covid-19 di Indonesia hingga saat ini membuat hampir semua perguruan tinggi memutuskan untuk melaksanakan kegiatan belajar-mengajar secara online. Sayangnya, meski kemudian kegiatan kuliah menjadi terkesan lebih santai, nyatanya sistem pembelajaran daring ini tak serta-merta lepas dari masalah teknis.

Hal itu pun turut dirasakan oleh seorang warganet berikut ini. Dikutip brilio.net dari akun Twitter @DraftAnakUnpad, Rabu (7/10), seorang mahasiswa bernama Roby Amalul Ilmi mengalami kendala teknis saat sedang kuliah online. Diketahui, mikrofon di laptopnya tak bisa digunakan lantaran rusak. 

Oleh karenanya, selama kuliah berlangsung ia pun tak bisa terlibat diskusi maupun merespons dosen dengan berbicara secara langsung. Kendati demikian, pemuda tersebut tak kehilangan akal dan pasrah begitu saja. Dengan unik dan kreatifnya, ia lantas memanfaatkan fitur listening pada Google Translate.

Dari video yang ada, tampak bahwa Roby 'membagi' layarnya untuk membuka 2 windows peramban web atau web browser. Salah satu web browser digunakannya untuk membuka Google Meet di mana kelas berlangsung, sedangkan satu peramban sisanya digunakan untuk membuka laman Google Translate.

Di tengah-tengah sesi kuliah, ia lalu bertanya kepada dosennya. Ia mengetikkan kalimat "ibu izin bertanya" dan kemudian meng-klik opsi speaker pada laman Google Translate. Ketika suara tersebut keluar, sang dosen lantas menanggapi Roby dengan sedikit bingung.

Loading...

"Ibu Izin bertanya," ucap Roby 'melalui' Google Translate.

"Iya, gimana? Siapa yang bertanya? Tolong namanya," jawab sang dosen.

"Saya bu," tulis Roby.

"Siapa? Halo?" jawab sang dosen lagi.

"Roby Ilmu, Bu. Roby Ilmi," timpal seorang teman Roby.

Dari situ, Roby lantas menjelaskan terlebih dahulu jika mikrofonnya rusak. Sementara itu, teman-teman Roby sendiri terlihat tertawa dengan aksi kreatifnya yang kocak.

"Terima kasih atas jawabannya, Bu," ucap Roby setelah sang dosen menjawab.

"Iya, Roby. Kamu serem tau, saya kaget. Dari tadi saya tuh kaget. Ini semua temannya udah ketawa," balas dosennya disertai tawa.

Lepas dari itu, aksi Roby ini pun lantas menjadi viral. Tak sedikit warganet yang terhibur dengan ide kocak Roby usai menonton video tersebut. Beberapa bahkan mengatakan terima kasih karena Roby dianggap sudah memberikan tips yang sangat berguna.

"Mksh bang tipsnya kebetulan mic epi aing jg rusak bsk aku coba gini deh kl pas diabsen wkwk," tulis @Alymonteauwu.

"Microfon rusak jadi pake google dong wkwk. Astagaa jenius sekali," sambung @arootaa.

"wkwkwwkkw ini namanya modern problems require modern solutions," tulis @4belano.