Brilio.net - Desain toilet tentu harus memastikan kenyamanan penggunanya saat buang air. Hal tersebut bisa menjadi aspek krusial dalam menciptakan pengalaman sanitasi yang positif. Faktor utama yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan ruang yang memadai, memastikan privasi, dan memberikan kenyamanan fisik. Sebuah toilet yang dirancang dengan baik seharusnya menyediakan cukup ruang gerak untuk pengguna dan memperhatikan tinggi dan lebar tempat duduk.

Intinya, desain toilet perlu memperhatikan aspek ergonomis agar dapat meningkatkan kenyamanan pengguna.

Pasalnya toilet tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk buang air besar atau kecil, tetapi juga sebagai tempat untuk membersihkan diri dan merawat kebersihan tubuh. Oleh karena itu, desain toilet haruslah nyaman, bersih, dan sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Namun beberapa orang juga penilaian tersendiri terhadap desain toilet. Bahkan toilet yang tampilannya biasa-biasa saja, dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Salah satunya adalah toilet di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Penampakannya bisa dilihat lewat video TikTok yang diposting oleh akun @iwansr17.

toilet pemandangan © TikTok

toilet pemandangan
TikTok/@iwansr17

Pada awal video tersebut memperlihatkan sebuah kloset berwarna biru yang tak bersih. Lantai sekelilingnya tidak menggunakan keramik sebagaimana toilet rumahan pada umumnya. Sehingga hal tersebut membuat penampakannya jadi lebih kumuh.

Selain itu, kelihatan juga dinding-dinding toilet yang hanya menggunakan spanduk ini sudah tampak berlumut.

Sejauh ini tentu tidak ada yang istimewa. Namun hal yang mengejutkan adalah bagian toilet ini terbuka tanpa dinding. Sehingga bisa saat buang air kecil atau besar bisa dilihat orang.