Brilio.net - Seiring berkembangnya teknologi, orang tidak perlu lagi membuka lapak dagangan di pasar. Cukup di rumah saja, barang dagangan mereka bisa laku keras. Kini banyak pedagang memanfaatkan media sosial untuk menjajakan dagangan mereka, salah satu metode jualan online paling populer saat ini adalah dengan melakukan live streaming di media sosial seperti Facebook, Instagram, atau yang paling populer saat ini adalah TikTok.

Biasanya, banyak penjual online di platform TikTok yang melakukan live streaming menjajakan dagangannya pada malam hari. Harapannya, banyak orang bakal menonton live tersebut karena sudah berada di rumah dan tidak lagi bekerja.

Selain itu, penjual online ini juga punya waktu luang yang lebih banyak pada malam hari karena banyak di antara mereka masih punya pekerjaan utama di siang hari. Melakukan live streaming pada malam hari juga punya keuntungan karena suasana lebih sepi, sehingga tidak ada suara yang mengganggu.

Berjualan dengan metode live streaming semacam ini, artinya si penjual harus punya skill verbal yang baik dalam menjajakan dagangannya. Selain itu, teknik promosi yang dipraktekkan melalui publik speaking jadi hal yang paling menentukan produk dagangan akan laku atau tidak.

pria grogi jualan di TikTok Shop TikTok

pria grogi jualan di TikTok Shop
TikTok/@lamakay12

Misalnya saja pengalaman yang dialami pria dalam video yang diunggah kanal TikTok @lamakay12 berikut ini. Dalam video itu terlihat seorang pria sedang menjual produk berbagai snack melalui siaran langsung TikTok.