Brilio.net - Beli obat di apotek bisa dibilang lebih sulit ketimbang barang di toko lain. Kalau di toko lain, barang yang mau kita beli biasanya sudah ada keterangannya. Kadang-kadang, kita juga pergi ke toko retail tanpa berencana beli apa-apa. Saat tiba di sana, kita langsung ambil aja barang yang kita pengin tanpa beban. Kita yakin barang itu akan kita pakai nantinya, dengan cara apapun.

Tapi membeli obat nggak begitu caranya. Pertama-tama, kita harus tahu sakit yang mau diobati itu apa? Terus, apakah obat yang kita beli sudah tepat? Obatnya perlu resep atau nggak?

Syaratnya banyak banget. Wajar sih, karena kalau salah minum obat, yang rugi kita sendiri. Kalau salah beli snack mah paling kecewa aja, nggak sampai bikin kita kliyengan dan sebagainya. Karena itulah beli obat perlu hati-hati.

Bahkan, beberapa orang membeli obat dengan membawa contoh. Mungkin karena obat juga susah dihafalkan namanya. Karena itu, tanpa resep, tak ada lagi yang bisa dibawa selain bungkus obat yang sudah dipakai.'

Hal tersebutlah yang diterapkan oleh seorang pembeli yang dikisahkan akun TikTok @apotekabuhusada. Dalam unggahan tersebut, pengunggah bercerita bahwa ada pembeli yang biasanya mencari obat di apotek tapi nggak tahu namanya. Ia cuma datang bermodal bungkus obat.

Pembeli minta obat tapi tak tahu namanya © TikTok

foto: TikTok/@apotekabuhusada

Nggak masalah sih nyari obat pakai bungkus doang. Masalahnya, kadang-kadang bungkus mereka sudah nggak bisa diidentifikasi, cuma secarik bungkus obat. Nggak ada tulisan obatnya, nggak ada penanda yang bikin apoteker tahu kira-kira itu bungkus obat apa. Kalau sudah begitu, satu apotek bisa jadi pusing 'kan?

Hanya saja, kadang-kadang orang kayak begitu tetap ngotot. Endingnya, dia merepotkan apoteker. Apoteker mestin mencari obat yang bungkusnya mirip dengan yang pembeli bawa.