Salah satu mata pelajaran yang sering dianggap susah oleh para murid ataupun mahasiswa yakni matematika, atau pelajaran yang berhubungan dengan angka. Di dalam mata pelajaran tersebut, ada beberapa soal yang biasanya diajarkan oleh guru ataupun dosen. Dari mulai penambahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian.

Sering kali, banyak rumus yang harus dihafal untuk menghitung angka. Karena sebab itulah banyak anak yang menganggap bahwa hitungan matematika susah untuk dikerjakan. Nah, supaya matematika jadi menyenangkan, kamu bisa mengajak temanmu untuk main tebak-tebakan lucu hitungan matematika.

Kamu bisa bermain tebak-tebakan ketika sedang belajar kelompok sehingga pikiran menjadi lebih rileks. Berikut 45 tebak-tebakan lucu hitungan matematika, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (6/8)

1. Sejumput beras ditambah sejumput beras, sama dengan nasi di dalam piring?

Tebak-tebakan lucu hitungan matematika © 2021 brilio.net

foto: Twitter/@unmagnetsim

2. Hayo, siapa tahu jawaban di dalam satu buah jagung ada berapa biji?

Tebak-tebakan lucu hitungan matematika © 2021 brilio.net

foto: Twitter/@fardian_farid

3. Selesai menghitung, auto sakit kepala saking banyaknya.

Tebak-tebakan lucu hitungan matematika © 2021 brilio.net

foto: Twitter/@pramudamubarak

4. Menghitungnya harus hati-hati banget. Salah dikit, ngulang dari awal deh.

Tebak-tebakan lucu hitungan matematika © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@meme.wkwk

5. Ada yang jual kunci jawabannya nggak ya?

Tebak-tebakan lucu hitungan matematika © 2021 brilio.net

foto: Twitter/@FajarFaisalA

6. Ada yang jual kunci jawabannya nggak ya?

Tebak-tebakan lucu hitungan matematika © 2021 brilio.net

foto: Facebook/seenakjidat

7. Hahaha! 14x27=1 kg. Wah, benar juga sih kalau patokannya jumlah plastik ini.

Tebak-tebakan lucu hitungan matematika © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@receh.id

8. Yah, modusnya kangennya tidak tersampaikan. Sabar ya~

Tebak-tebakan lucu hitungan matematika © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@ngakakkocak

9. Ada yang bisa menjelaskan cara menghitungnya?

Tebak-tebakan lucu hitungan matematika © 2021 brilio.net

foto: Twitter/@midiahn

10. Ada dua tanda tanya, berapa angka yang tepat untuk mengisi kotak kosong tersebut?

Tebak-tebakan lucu hitungan matematika © 2021 brilio.net

foto: puzzlersworld.com

Tebak-tebakan lucu hitungan matematika.

Tebak-tebakan lucu hitungan matematika © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

11. Benda mana yang lebih berat: Kapas 10 kilo atau besi 10 kilo?

Jawab: Sama beratnya karena keduanya sama-sama 10 kilo.

12. Ada ayam lima, di kali dua. Berapa semuanya?

Jawab: 5 dong, soalnya yang di kali 2, yang di darat 3.

13. Saat dibalik akan berkurang 3. Apakah itu?

Jawab: Angka 9. karena angka 9 kalau dibalik jadi angka 6.

14. Kalau sedang sendiri, kakinya ada empat, kalau berdua, kakinya jadi ada delapan. Siapakah aku?

Jawab: Kursi.

15. Jika ada 1 kilo batu dan ada 1 kilo kapas, ketika dijatuhkan ke atas kaki, apa yang lebih sakit?

Jawab: kaki kita.

16. Satu tambah satu sama dengan berapa?

Jawab: Sebelas. Kan satu sama satu.

17. Jika ada 10 pejuang Indonesia yang berperang lalu ada satu orang yang gugur, ada berapa orang yang akan kembali ke markas?

Jawab: 1009. Karena mati satu tumbuh seribu.

18. Sebelas dihilangkan 1, hasilnya berapa?

Jawab: Ya satu lah.

19. Usaha dan gaya dalam fisika dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Mengangkat benda berat adalah salah satu contoh usaha. Namun, ada sebuah kotak yang bagaimana pun caranya, tidak akan bisa diangkat. Kotak apakah itu?

Jawab: Kotak penalti.

20. Ada berapa huruf dalam abjad?

Jawab: Ada lima, a-b-j-a-d.

21. Jam 12.15 membentuk sudut lancip berapa derajat?

Jawab: 86,25, kalau nggak percaya ukur aja sendiri.

22. Sebutkan 10 hewan buas dalam waktu 10 detik!

Jawab: 5 macan, 5 singa.

23. Di dunia ini banyak benda yang berukuran besar dan tidak normal dibandingkan barang sejenisnya, termasuk makanan yang satu ini. Ada sebuah tahu yang berukuran paling besar. Tahu apakah itu?

Jawab: Tahu isi Sumedang.

24. Sandra membawa uang Rp 30 ribu untuk membeli beras. Ternyata beras itu harganya Rp 15 ribu. Berapa uang kembalian yang diterima Sandra?

Jawab: Rp 5 ribu. Harganya kan Rp 15 ribu, jadi uang yang dibayarkan adalah Rp 20 ribu, sehingga kembaliannya Rp 5 ribu.

25. Bila gajah jadi ayam, lalu singa jadi ayam, dan kambing jadi ayam, maka ayam jadi apa?

Jawab: Ayam jadi banyak dong.

26. Cuaca sedang mendung. Ada 5 orang tapi hanya ada 1 payung. Bagaimana caranya agar mereka semua tidak kehujanan?

Jawab: Tinggal jalan saja, kan baru mendung, belum hujan.

27. Pintu apa yang didorong oleh 7 orang tidak bisa terbuka?

Jawab: Pintu yang ada tulisannya "GESER".

28. Dalam sebuah keluarga, terdapat 3 anak perempuan yang masing-masing memiliki 1 adik laki-laki. Berapakah jumlah anak laki-laki dalam keluarga tersebut?

Jawab: 1 orang, adik laki-laki dari anak perempuan yang satu adalah adik laki-laki dari anak perempuan lainnya.

29. Seorang tahanan berencana untuk melarikan diri dari penjara yang terletak di sebuah pulau. Tapi dia tidak bisa berenang. Suatu hari, ia berhasil melarikan diri tanpa menggunakan alat apa pun. Bagaimana itu bisa terjadi?

Jawab: Dia melakukannya di musim dingin ketika air membeku.

30. Andi punya 10 apel dibagi 2, berapa sekarang apel Andi?

Jawab: 8, kan yang dibagi 2.

Tebak-tebakan matematika bikin pusing.

Tebak-tebakan lucu hitungan matematika © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

31. Rama pergi ke Pantai Anyer bersama 6 orang temannya. Di sana mereka bermain-main di pantai. Pada saat yang bersamaan mereka ingin ke toilet umum. Di situ tertulis 'Tarif WC umum: mandi = Rp 3 ribu, buang air besar = Rp 2 ribu, buang air kecil = Rp 2 ribu'. Mereka masuk bersama-sama, setelah mereka keluar mereka mengumpulkan uang sebanyak Rp 17 ribu. Dari ketujuh orang tersebut, apa yang mereka lakukan masing-masing di dalam?

Jawab: Mana saya tahu. Kan saya nggak ngintip si Rama dan 6 orang temannya.

32. Kalau saja ada sekolah yang berisi semua jenis hewan, siapa yang sering terlambat?

Jawab: Kaki seribu. Soalnya kakinya banyak, jadinya kalau pakai sepatu kelamaan.

33. Ada suatu bilangan, yang jika dikalikan dengan bilangan berapa pun, hasilnya tetap sama. Berapakah bilangan yang dimaksud?

Jawab: 0.

34. Ada 12 buah gelas di atas nampan, dan kamu mengambil 7 buah gelas dari atas nampan tersebut. Berapa gelas yang ada di tanganmu sekarang?

Jawab: 7 buah di tangan, 5 buah di nampan.

35. Dua kakak beradik memiliki jumlah umur 11 tahun. Yang satu 10 tahun lebih tua dari yang lain. Berapa umur mereka masing-masing?

Jawab: Si kakak berumur 10 tahun 6 bulan, dan si adik berumur 6 bulan.

36. Saya ada jeruk lima kamu minta minta satu, sisanya berapa?

Jawab: Ya tetap lima soalnya kamu nggak dikasih.

37. Dalam sebuah penginapan, terdapat 5 anak perempuan yang masing-masing memiliki 1 adik laki-laki. Berapakah jumlah anak laki-laki dalam keluarga tersebut?

Jawab: 1 orang, adik laki-laki dari anak perempuan yang satu adalah adik laki-laki dari anak perempuan lainnya.

38. Dua kakak beradik memiliki jumlah umur 11 tahun. Yang satu 10 tahun lebih tua dari yang lain. Berapa umur mereka masing-masing?

Jawab: Si kakak berumur 10 tahun 6 bulan, dan si adik berumur 6 bulan.

39.  Di dagu ada, di mata ada, di pipi tidak ada, di telinga ada, dan di hidung tidak ada. Apakah itu?

Jawab: Huruf A.

40. Jika dibutuhkan waktu 10 menit untuk merebus 1 butir telur, berapa waktu yang diperlukan untuk merebus 5 butir telur?

Jawab: Tetap 10 menit. Penjelasan: tinggal rebus saja secara bersama-sama.

41. Ada ayam, kucing, dan kuda. Angka berapa yang tepat?

Tebak-tebakan lucu hitungan matematika © 2021 brilio.net

foto: picsdownloadz.com

42. Berapa jumlah bunga warna-warni ini?

Tebak-tebakan lucu hitungan matematika © 2021 brilio.net

foto: picsdownloadz.com

43. Berapa jumlah dari buah apel, anggur, dan pisang?

Tebak-tebakan lucu hitungan matematika © 2021 brilio.net

foto: picsdownloadz.com

44. Hati-hati ini pertanyaan menjebak, jangan sampai terkecoh!

Tebak-tebakan lucu hitungan matematika © 2021 brilio.net

foto: puzzlersworld.com

45. Jangan terkececoh, ada gelas yang terisi penuh dan ada yang hanya terisi setengah saja.

Tebak-tebakan lucu hitungan matematika © 2021 brilio.net

foto: puzzlersworld.com

(brl/gib)

(brl/gib)