×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tips agar kamu bisa khatam Alquran di bulan puasa

View Image

0

BRILIO » News

Tips agar kamu bisa khatam Alquran di bulan puasa

Bacalah Alquran setiap selesai 5 salat fardhu. Berarti 10 lembar tersebut dibagi 5 menjadi 2 lembar atau 4 halaman tiap habis shalat fardhu.

18 / 06 / 2015

Brilio.net - Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Janji Allah yang melipatgandakan pahala di bulan tersebut membuat umat muslim memperbanyak melakukan amalan-amalan selama Ramadan. Salah satu yang dilakukan umat muslim adalah dengan memperbanyak membaca Alquran.

Pembacaan Alquran baik dengan tadarus bersama-sama maupun sendirian pun banyak dilakukan. Bahkan hampir setiap orang mempunyai target untuk mengkhatamkan Alquran. Tapi target untuk mengkhatamkan Alquran itu kadang tak selalu mulus. Banyak yang mengatakan ada saja halangan yang membuat mereka tak bisa mencapat target. Nah, berikut cara yang harus kamu lakukan agar kamu bisa memenuhi target khatam Alquran di bulan Ramadan.

1. Target 1 kali khataman Alquran

Ini adalah target minimal. Untuk mencapai target ini berarti kamu harus membaca 1 juz Alquran setiap harinya. Jika kamu mampu, 1 juz itu bisa kamu selesaikan dalam sekali duduk. Tapi jika kamu tak mampu, ada baiknya kamu bagi pembacaan beberapa kali. Cek Alquran yang kamu pakai ada berapa halaman dalam 1 juz. Kebanyakan 1 juz terdiri dari 10 lembar atau 20 halaman. Agar kamu tidak keberatan, bacalah Alquran setiap selesai 5 salat fardhu. Berarti 10 lembar tersebut dibagi 5 menjadi 2 lembar atau 4 halaman setiap selesai shalat fardhu.

2. Target 2 kali khataman Alquran

Loading...

Jika kamu menginginkan target khatam 2 kali, maka tinggal mengalikan rencana pada poin 1 menjadi dua kali lipatnya. Berarti kamu harus mengkhatamkan 2 juz setiap harinya. Jika dibagi dalam 5 kali pembacaan setiap shalat fardhu, maka setiap selesai shalat fardhu kamu harus membaca 4 lembar atau 8 halaman. Jika kamu menginginkan target yang lebih banyak, maka tinggal kalikan targetmu itu dengan poin nomor 1.

Agar rencanamu itu berjalan mulus, ada baiknya kamu perhatikan tips dan trik berikut ini:

1. Jika karena kesibukan kamu tak mampu untuk membaca Alquran setelah shalat fardhu, maka coba kamu cari waktu luangmu karena yang tahu kesibukan dan waktu luang adalah dirimu sendiri. Yang pasti target khatam untuk setiap harinya tetap dilakukan, 1 juz untuk 1 khataman, 2 juz untuk 2 khataman, begitu kelipatannya.

2. Saat sedang membaca Alquran jangan sering melihat jam. Karena melihat jam akan menggoyahkan niatmu. Tetap fokus pada target. Jangan juga membalik halaman yang belum kamu baca. Dalam hatimu pasti terpikir "kurang berapa halaman lagi ya?" Hapus jauh-jauh pikiran itu! Nikmati saja pembacaan Alquran itu, jangan terburu-buru hingga membuat kamu ingin cepat selesai.

3. Jangan berpikir tak sempat. Pikiran tak sempat hanya akan membuatmu bermalas-malasan. Bukannya tak sempat, tapi sempatkanlah waktumu! Jika kamu berpikir sempatkanlah waktumu, maka apapun kesibukanmu, kamu akan menyempatkan diri untuk membaca Alquran sesuai rencana.

Nah itulah sedikit cara dan tips agar kamu bisa mengkhatamkan pembacaan Alquran di bulan Ramadan. Kalau kamu bisa betah untuk membaca status Facebook dan Twitter, kenapa membaca Alquran tidak?

BACA JUGA:

Masalah klasik saat bulan puasa, bau mulut! Begini cara mengatasinya

Menag: Tak perlu memaksa tutup warung di bulan puasa

Begini cara menentukan awal Ramadan dan Syawal

Puasa bukan halangan berolahraga, kamu bisa melakukannya begini

5 Spot ngabuburit asyik dan murah di Yogyakarta

Di zaman Muhammad SAW, imsak ditandai selesainya bacaan quran 50 ayat

Hindari minum teh saat sahur, ini alasannya

Ini kenapa bulan dalam kalender Jawa mirip dengan kalender Hijriyah

Evolusi hijab dari masa ke masa di Indonesia, cantik dan bikin gemes

Ini proses pengamatan bulan untuk menentukan awal Ramadan dan Syawal

Ini kota di Amerika yang menerapkan hukum syariah Islam

Ini dia sahur ala anak kos masaknya pakai rice cooker dan setrikaan

Belajar keteguhan hati dari Bilal, budak yang jadi muazin pertama

Ini rentang waktu puasa di seluruh dunia, paling lama 22 jam







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    86%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    14%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more