Brilio.net - Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) selama ini hanya dikenal mencetak mata uang rupiah saja. Padahal selain mencetak uang, perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1971 ini juga mencetak paspor Republik Indonesia, pita cukai, materai dan sertifikat tanah. Hebatnya lagi Peruri ternyata juga mencetak mata uang negara lain lho.

Peruri mendapat pesanan untuk mencetak mata uang negara Nepal yakni ruppe, Somalia: shilling dan koin Argentina yakni pesi. "Tahun 2015 Nepal memesan produksi rupee dominasi 1.000 dengan kapasitas produksi 300 juta bilyet," tutur Samad, Kepala Divisi Percetakan Uang Peruri, Minggu (21/6).

Tak hanya itu saja, di tahun 2005 silam, Peruri juga mendapat pesanan untuk mencetak mata uang Malaysia, Bangladesh dan Sri Lanka. Tak hanya mencetak uang namun, Peruri juga dipercaya untuk mencetak paspor negara lain.

Setiap produk yang dicetak oleh Peruri selalu mempunyai ciri khusus di sisi pengamanannya yang tidak bisa ditiru oleh siapa pun. Oleh karena itu banyak negara yang memercayakan mencetak mata uang mereka di Peruri. Perum Peruri memiliki 4 gedung percetakan yang tersebar di berbagai kota yakni Jakarta, Karawang, Surabaya dan Medan.

BACA JUGA:

Penjelasan ilmiah soal kecerdasan maksimal seseorang berdasarkan umur

Bukti kecerdasan otak, bisa bedakan mana ketawa asli apa palsu

Anak yang sering makan fast food tingkat kecerdasannya lebih rendah

Mahasiswa ini temukan tabungan sampah, cara cerdas peduli lingkungan

7 Hal menyedihkan yang hanya bisa dirasakan orang-orang cerdas

Hikmah si kakek tua buat gadis cerdas ber-IPK 3,7

Ladies, pria ingin pasangan hidup yang cerdas, bukan ukuran fisik saja

Komunitas ini rutin bagikan buku untuk cerdaskan anak pedalaman, top!

Seberapa cerdas kamu? Tak perlu tes IQ, cukup lihat bentuk tanganmu