Brilio.net - Pada Rabu (11/11), seorang ibu asal Jogja mendonorkan hatinya untuk anak keduanya yang berusia satu tahun, Adelia Dwi Cahyo. Operasi yang menelan biaya hingga Rp 1,5 miliar dilangsungkan di RSUP Sardjito Yogyakarta.

Ini bukan kali pertama transplantasi hati dilakukan di Indonesia. Sebelumnya pada akhir tahun 2010, dunia kedokteran Indonesia berhasil menoreh sejarah baru, melakukan transplantasi hati kepada pasien yang membutuhkannya. Ini menjadi tindakan cangkok pertama yang dilakukan.

Pasien pertama yang menjalani tindakan tersebut Abdul Mukri yang mendapat donor dari anaknya, Nisa. Penyakit hati terbilang sebagai masalah serius di Indonesia. Menurut Akmal Taher, Direktur Utama RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, di Indonesia jumlah pengidap penyakit hati kronik mencapai 20 juta jiwa atau sekitar 10% dari jumlah penduduk Indonesia.

Transplantasi hati pada dasarnya adalah mengganti hati yang rusak dengan hati yang sehat, bisa dari donor cadaver (mayat) maupun dari donor living (hidup). Transplantasi hati ditempuh untuk menghindari ancaman kematian. Jika dilakukan dengan baik, tingkat keberhasilan transplantasi hati bisa mencapai 75-85 persen di tahun pertama. Dan apabila setahun pertama pasca transplantasi pasien survive, diharapkan 5-10 tahun pasien tidak akan lagi memiliki hati yang bermasalah.

Dan, berikut brilio.net merangkum orang Indonesia yang berhasil melakukan transplantasi hati, Kamis (12/11).

1. Dahlan Iskan

Mereka adalah orang Indonesia yang hidup dengan hati orang lain

foto: bappeda.jatimprov.go.id

Dahlan Iskan mengidap penyakit hati kronis sejak lama. Akhirnya, sebagaimana yang direkomendasikan pihak medis, pada 6 Agustus 2007 Dahlan Iskan menjalani operasi transplantasi hati di Tianjin First Center Hospital, Tiongkok. Hasilnya, hingga hari ini Dahlan Iskan memiliki hati yang sehat.

2. Muhammad Sayid Hafidz

Mereka adalah orang Indonesia yang hidup dengan hati orang lain

foto: www.youtube.com

Bocah berutur 8 tahun ini menjadi pasien anak pertama yang berhasil melakukan operasi cangkok hati di Rumah Sakit Pertamedika, Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Semua itu berkat campur tangan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan. Keberhasilan operasi cangkok atau transplan liver membawa kebahagian bagi rumah sakit dan para dokter yang menangani operasi selama 15 jam pada 2014 silam.

3. Abdul Mukri

Mereka adalah orang Indonesia yang hidup dengan hati orang lain

foto: www.youtube.com

Karyawan PT Telkom Indonesia Abdul Mukri (44) pada tahun 2010 silam didiagnosa mengidap penyakit hepatitis akut, dan Abdul Mukri melakukan operasi transplantasi hati pada 13 Desember 2010 yang diklaim transplantasi hati dewasa pertama di Indonesia.

Dia menerima donor dari putrinya Annisa Azahra (18). Direktur RSCM Prof. Dr. dr. Akmal Taher SpU (K) mengungkapkan sukses yang diraih Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) dr. Cipto Mangunkusumo operasi transplantasi hati tersebut, adalah hasil kerja sama dengan tim dari Hepatobiliary and Pancreatic Disease, First Affiliated Hospital, Zhejiang University School of Medicine Hangzhou, Tiongkok yang dipimpin oleh Profesor Shu-Sen Zheng.

4. Aulia Apriansyah

Mereka adalah orang Indonesia yang hidup dengan hati orang lain

foto: youtube

Aulia Apriansyah (6) memiliki kasus dan tindakan serupa seperti Abdul Mukri. Dia merupakan pasien rujukan dari Dinas Kesehatan TNI AL. Sementara itu Aulia menerima donor dari sang ayah, Ariyanto, seorang anggota TNI AL. Operasi Aulia dilakukan tanggal 15 Desember 2010.

Ketua tim dokter RSCM Dr Sastiono SpB SpBA mengatakan proses transplantasi hampir tidak menemui kendala berarti dan hambatan hanya ditemui dalam mencari donor untuk transplantasi.

(brl/swh)

(brl/swh)