Brilio.net - Kalau disuruh memilih makan pakai sendok atau tangan langsung, pilih mana? Makan pakai tangan tentu bukan hal mengherankan dong buat kamu. Walaupun sekarang semakin terbiasa makan pakai sendok dan garpu, tapi tetap saja banyak orang masih memilih untuk meneruskan tradisi makan memakai tangan langsung.

Sepintas memang tampak kuno dan kampungan, tapi ternyata ada manfaat kesehatan lho makan pakai tangan. Mau tahu apa saja? Sebagaimana dilansir brilio.net dari THE EXPRESS TRIBUNE, Kamis (12/11), berikut lima alasan kamu patut makan pakai tangan.

1. Membantu mencegah diabetes tipe 2
Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 lebih mungkin menjadi orang yang makan cepat dengan menggunakan alat makan, dibandingkan dengan orang yang tidak terkena diabetes tipe 2. Makan dengan sendok dan garpu berkorelasi dengan makan lebih cepat, yang telah dikaitkan dengan ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh, dan inilah yang berkontribusi terhadap perkembangan diabetes tipe 2. Jadi, kalau kamu merasa makan terlalu cepat, singkirkan alat makan dan makanlah menggunakan tangan langsung.

2. Memperbaiki pencernaan
Kita semua memiliki beberapa bakteri, dikenal flora normal, di telapak dan jari-jari tangan. Hal ini tidak berbahaya bagi manusia, melainkan melindungi kamu dari berbagai mikroba berbahaya di lingkungan kamu tinggal. Nah, kalau kamu makan dengan tangan langsung, bakteri baik ini akan masuk ke dalam tubuh. Dia bermanfaat untuk kesehatan mulut, tenggorokan, usus, dan sistem pencernaan dalam usus itu sendiri.

Makan dengan memanfaatkan jari-jarimu akan melepaskan cairan pencernaan dan enzim. Selain itu, jutaan ujung saraf di jari-jari akan menyampaikan pesan bahwa kamu makan, termasuk di dalamnya pesan tentang suhu makanan, tingkat kepedasan, tekstur makanan, sehingga dapat 'mempersiapkan' perut untuk menjalankan sistem pencernaan.

3. Bermanfaat menjaga diri dari gangguan makan
Gangguan makan yang bisa dicegah dengan makan menggunakan tangan adalah binge eating. Binge eating merupakan gangguan makan di mana penderitanya makan berlebihan serta kehilangan kendali diri saat makan. Binge eating bisa terjadi pada orang dewasa, maupun pada masa kanak-kanak.

Biasanya binge eating terkait dengan lingkaran setan untuk diet ketat tapi juga diikuti hilangnya kontrol terhadap makanan. Tentu saja, hal ini memberikan dampak bagi kesehatan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Consulting and Clinical Psychology menunjukkan bahwa keluarga yang makan dengan tangan lebih berhubungan dengan konsep makanan, seperti makan hanya ketika lapar dan memperhatikan isyarat. Studi ini menemukan bahwa orangtua mampu membantu anak-anak mereka yang berusia 8-12 tahun dan mengalami kelebihan berat badan untuk mengatasi binge eating mereka dengan latihan makan menggunakan tangan langsung.

4. Mencegah makanan berlebihan saat di restoran
Orang di seluruh dunia menghabiskan sekitar 40% dari anggaran makanan mereka untuk makan di luar. Makanan luar (warung atau restoran) memiliki kalori lebih tinggi dan dikhawatirkan meningkatkan lingkaran pinggang alias mendongkrak kelebihan berat badan.

Nah, sebuah studi menunjukkan bahwa wanita usia paruh baya yang makan di luar dan menggunakan tangan untuk makan, ternyata tiga kali lipat lebih perhatian terhadap makannya. Pendekatan ini membantu mereka mengurangi masalah asam, sementara mereka menikmati makanan di restoran tanpa khawatir penambahan berat badan.

5. Cara ampuh untuk ramping
Para peneliti mempelajari lebih dari 1.600 wanita paruh baya di Selandia Baru dan menemukan bahwa para wanita yang makan ketika lapar saja memiliki berat badan ideal ketimbang yang makan tak pakai 'aturan'. Kamu mungkin menyadari bahwa banyak orang melakukan banyak kegiatan saat makan siang, tapi dua studi yang telah dipublikasikan di dalam jurnal Appetite menemukan bahwa ketika orang makan menggunakan tangan saat dia juga membaca koran atau menonton televisi, lebih jarang lapar dan sedikit makan camilan. Peneliti menyimpulkan bahwa makan menggunakan tangan membantu kamu untuk merasakan sensasi kenyang ketimbang makan dengan sendok atau garpu.

Hmmm...berniat meninggalkan peralatan makan untuk makan? Pastikan kamu mencuci tangan sampai bersih dulu ya, guys. Biar kamu nggak terkena masalah pencernaan. Kesehatanmu, lho!