Brilio.net - Jengkol adalah buah ajaib. Meskipun baunya tidak sedap, jengkol punya banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Karena kaya akan gizi, seharusnya jengkol harus diekstrak ke dalam pil atau tablet. Sayangnya, sampai sekarang belum ada pabrik yang membuat ekstrak jengkol.

Berikut adalah 4 alasan mengapa ekstrak jengkol harus segera ditemukan seperti dirangkum brilio.net, Minggu (17/10).

1. Jengkol merupakan komoditas Indonesia
Indonesia merupakan negara yang sangat beruntung. Jengkol tidak bisa tumbuh di sembarang tempat. Meskipun bisa ditemui di kawasan Asia Tenggara, jengkol hanya bisa dipanen di negara Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Jika negara ini berhasil membuat ekstrak jengkol, maka bisa menjadi potensi yang luar biasa. Produk ini berpeluang untuk menjadi ikon Indonesia di perdagangan internasional. Hidup ekstrak jengkol!

2. Bau jengkol yang tidak bersahabat
Kesalahan jengkol memang pada baunya yang tidak sedap. Baunya yang khas merupakan penyebab utama orang menjauhi buah ini. Sebenarnya bau yang menyengat yang ditimbulkan oleh jengkol disebabkan kandungan asam amino yang tinggi.

Unsur tersebut mengandung sulfur atau belerang. Wajar saja jika baunya membuat kamu tidak tahan. Bau jengkol merupakan alasan terkuat agar buah ini dibuat ekstraknya. Segera!

3. Olahan jengkol yang menjemukan
Selama ini, kamu hanya menjumpai jengkol hanya dimasak sebagai semur. Jarang sekali penjual yang membuat inovasi dengan bahan jengkol.

Misalnya, kamu akan kesusahan mencari sate jengkol dengan bumbu padang, jengkol goreng tepung, atau mungkin donat jengkol. Karena rendahnya kreativitas dalam mengolah jengkol, maka buah ini harus segera dibuat ekstraknya.

4. Jengkol kaya akan nutrisi
Alasan logis lainnya untuk menciptakan ekstrak jengkol adalah nutrisi yang tinggi. Percuma saja membuat ekstrak jengkol jika tidak ada manfaatnya bagi tubuh manusia. Jengkol sangat kaya akan karbohidrat, protein, vitamin A, Vitamin B, fosfor, kalsium, tanin, dan saponin. Selain itu, jengkol juga mengadung zat besi yang tinggi. Zat ini berguna untuk mencegah kelelahan, lemah, pucat, dan kuran bergairah.

Kebayang kan, dengan mengkonsumsi satu pil ekstrak jengkol sudah banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, ekstrak jengkol bisa digunakan sebagai pengganjal staminamu.