Brilio.net - Ikan lele bagi sebagian orang dianggap sebagai ikan yang jorok. Tapi, sebaiknya jangan buru-buru untuk menghindari mengonsumsinya. Sebab, setiap 100 gram ikan lele mengandung energi sebesar 229 kilokalori, 18 gram protein, 8 gram karbohidrat, 0,7 gram serat, dan 13 gram lemak. Ikan lele juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks, serta kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium,zinc dan vitamin D.

Berikut ini ada 12 manfaat mengkonsumsi ikan lele untuk kesehatan tubuh yang telah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (13/10).

1. Mengurangi risiko kanker
Asam lemak omega-3 pada ikan dapat mengurangi risiko berbagai macam jenis penyakit kanker sebanyak 30-50 persen, terutama kanker rongga mulut, kerongkongan, usus besar, payudara, dan prostat.

2. Mengurangi peradangan rheumatoid arthritis
Kandungan asam amino 6 pada ikan lele dapat membantu meringankan gejala rheumatoid arthritis atau peradangan sendi.

3. Mengurangi tekanan darah
Para peneliti telah menemukan manfaat lain asam lemak omega-3 yang terkandung pada ikan yaitu untuk menurunkan tekanan darah. Nah, baik juga kan buat kamu yang memeiliki keluhan darah tinggi.

4. Menurunkan risiko depresi
Orang yang mengonsumsi ikan secara teratur memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk mengalami depresi. Hal ini karena depresi telah dikaitkan dengan rendahnya tingkat asam lemak omega-3 di otak.

5.Menjaga kesehatan gigi dan gusi
Fosfor yang terdapat pada ikan lele yang mencapai hingga 167 mg/100 gram terbukti lebih tinggi daripada telur yang hanya mempunyai kandungan 100 mg. Fosfor bermanfaat untuk memberi energi dalam metabolisme lemak dan pati, oleh karena itu hal tersebut mampu menunjang kesehatan gusi dan gigi, membantu sistesis DNA.

6. Menjaga kesehatan tulang
Kandungan fosfor dalam ikan lele,selain baik untuk kesehatan gigi dan gusi juga bagus untuk menjaga kesehatan tulang.

7. Memenuhi vitamin B12
1 ekor ikan lele bisa memenuhi 40% kebutuhan vitamin B12 pada tubuh. Vitamin B12 ini nantinya berguna untuk membuat tubuh lebih berstamina dan tidak mudah lelah saat beraktifitas.

8. Membantu menjaga kesehatan jantung
Kalium dan natrium yang terdapat pada ikan lele yang mencapai 24,5 : 1 tergolong cukup tinggi sehingga mampu menjaga kesehatan cardio dan pembuluh darah kita. Sebuah makanan dikategorikan baik untuk kesehatan jantung adalah jika perbandingan kalium terhadap natrium lebih dari 5 : 1.

9. Menyehatkan otak
Asam lemak omega-3 pada ikan lele juga berperan penting untuk proses tumbuh kembang sel-sel saraf termasuk sel otak.

10. Mempercepat proses penyembuhan luka
Kandungan omega-3 yang terdapat pada ikan lele sangat baik untuk membantu proses mempercepat penyembuhan luka dan membantu membentuk sel-sel baru.

11. Membantu menekan kolesterol
Lemak yang terdapat pada ikan lele adalah lemak dengan sifat yang sederhana, yaitu trigliserida yang netral. Karena rendah lemak, secara tidak langsung maka kolesterol juga akan ikut tertekan.

12. Menjaga kesehatan kulit
Kandungan omega-3 pada ikan lele juga dapat menjaga kesehatan kulit terutama untuk mencegah ekzema dan dermatitis kulit.

Jadi, sudahkah kamu makan ikan lele hari ini?