Brilio.net - Sulami (35) mengidap penyakit langka yang menyebabkan tubuhnya kaku bagai manekin. Dikutip brilio.net dari Dailymail, Jumat (20/1), pihak Departemen Kesehatan Sragen menyebut penyakit adalah ankylosing spondylitis (AS). AS merupakan kelainan genetik yang menyerang tulang belakang dan persendian. Hingga kini belum diketahui penyebabnya sehingga pihak medis juga belum menemukan obatnya. Obat-obatan yang ada saat ini hanya mampu menunda perkembangan penyakit dan belum bisa sampai mengobati tuntas.

Sulami merupakan warga Dusun Selorejo, RT 31, Desa Mojokerto, Kedawung, Sragen, Jawa Tengah. Dia amat mengandalkan neneknya, Suginem (90) dalam kesehariannya. Selama 10 tahun terakhir, Sulami tak bisa duduk atau membungkuk. Sehari-hari dia lebih banyak menghabiskan waktu di tempat tidur. Neneknya Suginem akan membantunya jika ingin bangun dari tempat tidur. Untuk berjalan, Sulami harus dibantu tongkat untuk menopang tubuhnya.

Penyakit ini diketahui juga dapat memicu penyakit lain seperti kardiovaskular, radang mata (uveitis), patah tulang belakang, infeksi dada, hingga penyakit ginjal. Nah, berikut foto-foto kondisi terbaru Sulami yang dirilis Dailymail.

1. Tubuhnya kaku seperti papan.

Sulami AS  © 2017 Daily Mail

 

2. Warna kakinya menjadi legam.

Sulami AS  © 2017 Daily Mail

 

3. Dia harus dibantu tongkat untuk berjalan.

Sulami AS  © 2017 Daily Mail

 

4. Waginem adalah sosok nenek yang sabar merawatnya.

Sulami AS  © 2017 Daily Mail

 

5. Semoga segera ditemukan obatnya.

Sulami AS  © 2017 Daily Mail