Brilio.net - Apa yang kamu lakukan saat sedang liburan semester? Travelling atau sekedar diam saja di rumah. Bagi para mahasiswa ada baiknya kalau kamu mengambil magang kerja untuk mengisi waktu liburan kamu. Magang ini dapat dilakukan di perusahaan-perusahaan tertentu dan kalau mujur, kamu bakal digaji.

Banyak juga kampus-kampus yang sudah mewajibkan mahasiswa magang pada semester akhir. Kegiatan magang sebelum lulus kuliah memiliki banyak manfaat guys, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber berikut ini, Jumat (6/11):

1. Berkenalan dengan orang baru

foto: huffingpost.com
Kamu pasti akan bertemu banyak orang baru di tempat kerja. Berpisah dengan temanmu semasa kuliah akan memberimu pengalaman yang benar-benar baru bersosialisasi dengan karyawan di tempat magangmu. Mereka bukan lagi teman seangkatanmun, bisa jadi lebih tua dan yang jelas lebih senior dibanding kamu.

2. Mengasah skill komunikasi

foto: giphy.com
Nggak semua orang pandai berkomunikasi. Komunikasi itu juga perlu menempatkan diri dan tempat kamu berada. Kamu nggak bisa seenaknya melakukan komunikasi seperti dengan temanmu di kampus. Saat magang mungkin kamu juga akan mendapat pengalaman presentasi di hadapan klien atau bosmu. Nah, moment ini bisa sangat mengasah gimana skill kamu berkomunikasi di hadapan orang baru.

3. Memahami budaya dan etika kerja

foto: giphy.com
Budaya kerja berbeda jauh dengan gaya pergaulanmu sehari-hari. Dalam kerja ada aturan-aturan yang harus dipenuhi, baik tertulis maupun tidak tertulis. Kamu bisa juga belajar etika kerja sedini mungkin.

4. Mempraktikkan ilmu yang kamu dapat semasa kuliah

foto: giphy.com
Kamu pasti telah mendapat teori semasa kuliah namun masih minim pengaplikasiannya. Nah, dengan magang ini kamu bisa mempraktikkan secara langsung teori yang telah kamu dapat di kelas.

5. Networking

foto: giphy.com
Membangun jaringan yang luas semasa kuliah itu penting buat kariermu kelak. Di tempat magang kamu bisa bertemu dengan banyak orang yang pengalamannya pun lebih dibanding kamu. Sebisa mungkin membaur dengan semua dan selalu open ya guys.

6. Memperkaya CV atau resumemu

foto : http://advice.milkround.com
CV-mu nanti akan semakin dilirik perusahaan kalau kamu punya pengalaman yang mumpuni. Apalagi jika kamu juga punya pengalaman magang di tempat perusahaan yang oke. Ini bisa jadi nilai plus bagi kamu guys.

2 dari 2 halaman



7. Belajar mengatur waktu

foto: http://careersuccess.typepad.com/
Jam kerja dan jam kuliah itu beda jauh lho. Kamu juga nggak bisa seenaknya bolos kerja seperti bolos kuliah dulu. Biasanya perusahaan punya jam kerja yang pasti, yaitu 8-9 jam per hari. Meskipun kamu cuma sebagai anak magang kamu tetap harus mengikuti aturan dalam perusahaan tempat kamu magang ini. Nggak bisa seenaknya sendiri, mau berangkat dan pulang jam berapa.

8. Mengetahui apa yang kamu suka atau tidak

foto: giphy.com
Dalam magang kamu akan mendapat hal baru dan tidak terduga. Bisa jadi apa yang kamu alami jauh dari bayanganmu. Kamu akan tahu bidang mana yang kamu sukai atau nggak kamu sukai. Sehingga setelah lulus nanti kamu akan mencari pekerjaan yang lebih terarah dan tidak asal masuk perusahaan.

9. Mendapat banyak pelajaran baru

foto: giphy.com
Percaya deh, dunia kerja dan dunia kuliah itu berbeda. Akan banyak yang kamu alami, bahkan yang nggak ada dalam teorimu pun akan banyak sekali. Jadi bersiaplah untuk banyak menemukan kejutan dan pengalaman unik selama magang.

10. Mengetahui kekuatan dan kelemahanmu

foto: giphy.com
Kalau kamu belum mencoba, pasti juga nggak akan tahu gimana rasanya. Sama halnya dengan kerja, kalau kamu belum mencobanya kamu belum tahu kuat atau lemah di bidang itu. Magang dapat mengetahui kekuatan dan kelemahanmu sejak awal dan bisa jadi pembelajaran buatmu untuk mengembangkan diri lagi.

11. Menemukan tempat kerja

foto: giphy.com
Bukan tidak mungkin tempat kamu magang yang sekarang suka dengan kinerjamu. Jadi kamu akan ditawari posisi sebagai karyawan tetap usai magang. Nah, jika kamu juga sudah cocok nggak perlu lagi susah-susah mencari pekerjaan setelah lulus nanti. Kontribusimu sudah ditunggu di perusahaan tempatmu magang.

12. Pengalaman berharga

foto: giphy.com
Meskipun berat dan sulit, belum lagi ditambah nggak dapat gaji tapi pengalaman magang adalah pengalaman yang berharga guys. Kamu bisa benar-benar belajar dari nol, merasakan hal baru yang nggak pernah kamu bayangin selama ini, merasakan bertemu dengan orang-orang hebat yang menginspirasi dan juga sekaligus mengembangkan diri. Kamu bisa tahu siapa dirimu, mengukur kemampuan kamu sejak dini.

Kamu jadi tahu-kan pentingnya magang buat karier kamu ke depan, percaya deh magang itu nggak bikin kamu rugi waktu atau tenaga. Selamat magang ya!