Brilio.net - Apa yang kamu lakukan saat sedang liburan semester? Travelling atau sekedar diam saja di rumah. Bagi para mahasiswa ada baiknya kalau kamu mengambil magang kerja untuk mengisi waktu liburan kamu. Magang ini dapat dilakukan di perusahaan-perusahaan tertentu dan kalau mujur, kamu bakal digaji.

Banyak juga kampus-kampus yang sudah mewajibkan mahasiswa magang pada semester akhir. Kegiatan magang sebelum lulus kuliah memiliki banyak manfaat guys, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber berikut ini, Jumat (6/11):

1. Berkenalan dengan orang baru

Ini 12 manfaat magang kerja sebelum lulus kuliah, kamu berani coba?foto: huffingpost.com

Kamu pasti akan bertemu banyak orang baru di tempat kerja. Berpisah dengan temanmu semasa kuliah akan memberimu pengalaman yang benar-benar baru bersosialisasi dengan karyawan di tempat magangmu. Mereka bukan lagi teman seangkatanmun, bisa jadi lebih tua dan yang jelas lebih senior dibanding kamu.

Loading...

2. Mengasah skill komunikasi

Ini 12 manfaat magang kerja sebelum lulus kuliah, kamu berani coba?foto: giphy.com

Nggak semua orang pandai berkomunikasi. Komunikasi itu juga perlu menempatkan diri dan tempat kamu berada. Kamu nggak bisa seenaknya melakukan komunikasi seperti dengan temanmu di kampus. Saat magang mungkin kamu juga akan mendapat pengalaman presentasi di hadapan klien atau bosmu. Nah, moment ini bisa sangat mengasah gimana skill kamu berkomunikasi di hadapan orang baru.

3. Memahami budaya dan etika kerja

Ini 12 manfaat magang kerja sebelum lulus kuliah, kamu berani coba?

foto: giphy.com

Budaya kerja berbeda jauh dengan gaya pergaulanmu sehari-hari. Dalam kerja ada aturan-aturan yang harus dipenuhi, baik tertulis maupun tidak tertulis. Kamu bisa juga belajar etika kerja sedini mungkin.

4. Mempraktikkan ilmu yang kamu dapat semasa kuliah

Ini 12 manfaat magang kerja sebelum lulus kuliah, kamu berani coba?

foto: giphy.com

Kamu pasti telah mendapat teori semasa kuliah namun masih minim pengaplikasiannya. Nah, dengan magang ini kamu bisa mempraktikkan secara langsung teori yang telah kamu dapat di kelas.

5. Networking

Ini 12 manfaat magang kerja sebelum lulus kuliah, kamu berani coba?foto: giphy.com

Membangun jaringan yang luas semasa kuliah itu penting buat kariermu kelak. Di tempat magang kamu bisa bertemu dengan banyak orang yang pengalamannya pun lebih dibanding kamu. Sebisa mungkin membaur dengan semua dan selalu open ya guys.

6. Memperkaya CV atau resumemu

Ini 12 manfaat magang kerja sebelum lulus kuliah, kamu berani coba?foto : http://advice.milkround.com

CV-mu nanti akan semakin dilirik perusahaan kalau kamu punya pengalaman yang mumpuni. Apalagi jika kamu juga punya pengalaman magang di tempat perusahaan yang oke. Ini bisa jadi nilai plus bagi kamu guys.