Brilio.net - Lagu kebangsaan merupakan salah satu hal penting bagi setiap negara di dunia. Jika Jepang terkenal dengan lagu kebangsaan paling pendek di dunia dan Yunani terkenal sebagai pemilik lagu kebangsaan terpanjang di dunia, maka yang tidak kalah uniknya datang dari Spanyol yang ternyata lagu kebangsaannya tidak memiliki lirik, bagaimana bisa?

Penetapan lagu kebangsaan memang menjadi hal yang cukup rumit di negeri matador ini. Ya, Spanyol memang terkenal dengan keunikan lagu kebangsaannya yang tidak memiliki kata-kata atau tidak memiliki lirik. Jika kamu memerhatikan dibeberapa perhelatan akbar seperti olimpiade, maka kamu akan mendengar sebuah lagu kebangsaan dari Spanyol yang hanya berupa lantunan musik saja.

Seperti yang dilansir brilio.net dari top tour of Spain, Senin (3/8), sebenarnya lagu kebangsaan Spanyol sudah ada sejak tahun 1761. Saat pertama kali dikenalkan lagu kebangsaan itu berjudul La Marcha Grananedera, namun karena adanya pergantian kepemimpinan di negara itu, Raja Carlos III pun mengganti lagu kebangsaan menjadi Marcha Real. Penggantian judul ini juga diikuti dengan penggantian lirik seperti halnya yangg dikehendaki oleh sang penguasa. Belum selesai masa kekuasaan Raja Carlos, perang besar di Eropa pun terjadi yang membuar Raja Carlos lengser dan lagu kebangsaan Spanyol diganti menjadi El Himno de Riego sepanjang tahun 1931-1939.

Setelah tahun 1939, penguasa Spanyol berada di tangan Franco yang akhirnya melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh Raja Carlos yaitu mengembalikan lagu kebangsaan seperti pada masa kekuasaan Raja Carlos dengan mengganti judulnya menjadi La Marcha Grananedera. Franco berkuasa hingga tahun 1975 dan setelah dia turun takhta, pertentangan soal lagu kebangsaan kembali terjadi yang membuat pemerintah berikutnya memutuskan menghilangkan lirik dari lagu kebangsaan itu. Spanyol secara resmi tidak memiliki lirik untuk lagu kebangsaannya terjadi pada tahun 1978.

Sebenarnya pada tahun 2007 pemerintah sempat melakukan kontes pemilihan lirik lagu kebangsaan yang dimenangkan oleh Paulino Cubero (52). Cubero adalah warga yang berasal dari Madrid. Sialnya, lirik lagu Cubero tersebut tidak diterima oleh masyarakat dan beberapa anggota dewan. Protes pun terjadi yang membuat pemerintah menarik lirik tersebut yang hanya bertahan beberapa hari. Setelah kasus tersebut, hingga hari ini pemerintah Spanyol memutuskan untuk menggunakan lagu kebangsaan yang tidak memiliki lirik.

Unik sekali ya? berarti warga negara Spanyol tidak harus menghafal lirik lagu kebangsaan seperti negara lainnya.