Brilio.net - Beberapa hari ini, warga di dunia dikagetkan oleh serangan teroris di Baghdad, Beirut, Kenya dan Paris. Banyak masyarakat mengungkapkan rasa duka cita lewat media sosial atas tragedi kemanusiaan tersebut.

Ungkapan mereka bermacam-macam dari yang membuat status dengan tagar #prayforparis, hingga mengganti profil picture dengan filter bendera Prancis yang di sediakan oleh facebook. Namun, setelah ungkapan simpati ini viral di media sosial malah menuai banyak kritik. Rasa simpati itu dituding oleh sebagain netizen sebagai bentuk ketidakadilan dalam memberikan perhatian pada kasus serupa di belahan dunia lain.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, penyebab mengapa tragedi teror Paris, Prancis lebih populer di mata netizen daripada tragedi teror serupa, Senin (16/11).

1. Popularitas Paris

5 Sebab teror di Paris lebih populer dari tempat lain, kamu setuju?

Bagi banyak orang di dunia ini, kepopuleran Kota Paris ini memang berada jauh dibanding kota-kota lain yang juga terkena tragedi terorisme serupa. Banyaknya jumlah wisatawan yang mengunjungi kota ini membuat mereka merasa memiliki kota mode dunia tersebut. Alhasil, tragedi teror di sana membuat efek psikologis yang lebih besar daripada yang lain.

2. Kedekatan personal

5 Sebab teror di Paris lebih populer dari tempat lain, kamu setuju?

Jika kamu memiliki keluarga, teman, pacar atau kolega yang tinggal di Paris bakal membuatmu merasa lebih terkait akan kejadian itu. Paris sebagian kota mode, wisata dan pendidikan memungkinkan banyak orang memiliki ikatan sosial dan emosional atas teror di wilayah tersebut.

 3. Produk budaya populer di Paris

5 Sebab teror di Paris lebih populer dari tempat lain, kamu setuju?

Paris telah menjadi kota dimana ratusan atau bahkan ribuan karya seni klasik, kontemporer ataupun karya seni modern diciptakan. Dari film garapan Hollywood, Bollywood sampai film Indonesia pun pernah menjadikan Paris latar belakangnya.

Image Paris sebagai kota cinta yang romantis telah memberikan efek yang mendalam bagi para penikmat film ini. Sehingga berbagai sudut kota Paris yang indah lebih terasa familiar bagi anak muda dari pada Baghdad, atau Beirut. Bahkan Paris memiliki daya pikat tersendiri bagi orang yang belum pernah berkunjung dan melihat secara langsung bagaimana kondisi kota ini yang sebenarnya.

4. Paris sebagai kota pendidikan

5 Sebab teror di Paris lebih populer dari tempat lain, kamu setuju?

Banyaknya mahasiswa yang belajar di Paris dan berbagai kota di Prancis membuat tragedi di sana mudah sekali menyebar luas. Tragedi terorisme ini juga jauh lebih memberi dampak bagi banyak orang yang merasa terkait.

Sebaliknya, jika kamu banyak belajar tentang kajian Timur Tengah maka akan lumrah melihat konflik yang terjadi. Hal itu lantaran, Timur Tengah sudah lama identik dengan konflik dan kekerasan bersenjata.

5. Lingkungan dan keluarga

5 Sebab teror di Paris lebih populer dari tempat lain, kamu setuju?

Tiap orang memiliki kondisi lingkungan dan keluarga yang berbeda. Hal itu bisa mempengaruhi pendapat atau perasaan tiap orang dalam melihat suatu kejadian. Bagi keluarga yang memiliki kerabat di Baghdad atau Beirut pasti akan merasakan kesedihan yang mendalam akan tragedi yang terjadi. Begitu juga sebaliknya dengan keluarga yang memiliki keluarga di Paris.

Kita sepakat bahwa terorisme adalah musuh bersama ya guys. Setiap orang punya cara sendiri untuk bisa mengungkapkan rasa simpatinya atas tragedi terorisme dan harus kamu hormati. Perbedaan cara ini jangan sampai membuat kamu saling menghujat. Soalnya, nanti kamu kalau keterusan malah lupa berkontribusi nyata untuk lebih peduli kepada para korban terorisme lho.

Laporan: Mirza Maulana

(brl/fen)

(brl/fen)