Brilio.net - Musisi hip-hop Indonesia, Tuan Tigabelas dan Yacko, bakal mewakili Indonesia di festival ternama dunia South by Southwest (SXSW) 2023 yang akan digelar di Austin, Texas, Amerika Serikat (AS), 10 sampai 19 Maret 2023. Keduanya akan tampil di sesi showcase bertajuk Tiger Den pada 15 Maret 2023. Penampilan keduanya akan menjadi acara pertama di sejarah SXSW yang menampilkan deretan musisi dari Asia serta diaspora Asia. 

Tiger Den dikurasi band dan kolektif K-pop alternatif ternama Balming Tiger dan perusahaan entertainment AS yang didedikasikan untuk kultur Asia, Jaded. Sebanyak 19 musisi dijadwalkan tampil di dua panggung Tiger Den yang bertempat di Cheer Up Charlies yang bertempat di pusat kota Austin.

Tuan Tigabelas dan Yacko wakili indonesia di festival SXSW 2023 © 2023 brilio.net

Balming Tiger yang akhir tahun lalu berkolaborasi dengan RM BTS dipastikan menjadi bintang utama gelaran Tiger Den. Sederet musisi Asia selain Yacko dan Tuan Tigabelas lainnya turut tampil di Tiger Den termasuk musisi pop Singapura Shye, musisi R&B Malaysia Lunadira, penyanyi pop Filipina Ena Mori, serta berbagai DJ asal Korea Selatan.

“Ini merupakan suatu kehormatan bagiku karena selalu membawa semangat harimau Sumatra di musikku. Kini musikku dapat membahana di panggung Tiger Den SXSW 2023,” ungkap Tuan Tigabelas.

Sementara Yacko mengatakan dirinya seperti bermimpi bisa tampil di panggung kelas dunia. “Berbagi panggung di Indonesia saja masih terasa seru, apalagi berkolaborasi sampai ke luar negeri. Mohon doa dan supportnya semoga persiapan kami lancar ya teman-teman. Bismillah,” ujar Yacko. 

Yacko dan Tuan Tigabelas akan mengikuti jejak sejumlah musisi Indonesia yang pernah tampil di SXSW seperti Efek Rumah Kaca, White Shoes & The Couples Company, The SIGIT, dan Shaggydog.