×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Lagu rock ini ternyata sering diputar dokter bedah di ruang operasi

View Image

0

BRILIO » Musik

10 Lagu rock ini ternyata sering diputar dokter bedah di ruang operasi

Alasannya pasti nggak kamu sangka sama sekali.

08 / 08 / 2017

Brilio.net - Menurut survei dari layanan musik digital Spotify, rock adalah genre terpopuler yang didengarkan oleh dokter ketika sedang melakukan operasi (49 persen), diikuti pop (48 persen), musik klasik (43 persen), jazz (24 persen) dan R&B (21 persen). Mendengarkan musik saat operasi diyakini bikin tenang sang dokter.

"Nyawa orang ada di tangan saya dan mendengarkan rock membantu saya menjadi tenang sehingga perhatian penuh saya terfokus pada pasien," kata Dr. Alan I. Benvenisty, ahli bedah vaskular dan transplantasi di Mount Sinai Health System NYC, dalam hasil survei Spotify.

"Saya mendengarkan band dari masa muda saya, dan merasakan nostalgia yang membuat saya tenang dan fokus," sambungnya.

Menurut survei, hampir semua (90 persen) dokter bedah dan residen bedah mendengarkan musik di ruang operasi, dengan mayoritas sebanyak 89 persen lebih memilih playlist ketimbang album. Hampir sepertiga (31 persen) dari dokter-dokter ini punya lebih dari lima playlist yang sering diputar.

Dokter yang tergabung dalam survei tersebut mengatakan musik menenangkan mereka di ruang operasi, membantu memperbaiki mood dan fokus, dan menghilangkan ketegangan ketika ada momen-momen sunyi.

Loading...

"Musik menenangkan suasana dan memperbaiki perilaku staf," ujar salah satu ahli bedah.

"Kadang musik membuat ruangan jadi lebih santai dan terkoordinasi, dan di lain waktu juga bisa membangkitkan semangat," komentar lainnya.

Pilihan musik di dalam ruang operasi tidak hanya tergantung pada tim medis, banyak ahli bedah yang menyampaikan bahwa mereka menerima permintaan. Jika pasien sadar, mereka bisa meminta lagu khusus untuk diputar.

"Kami melakukan operasi caesar di mana pasien sepenuhnya sadar. Jika mereka punya selera musik sendiri, kami mengikutinya. Kalau tidak, kami bersenang-senang dan memutar lagu dari acara TV lama, lagu lama, dan sebagainya," ujar salah seorang dokter.

Rock juga terkenal di kalangan petugas medis profesional yang bertugas membius pasien selama operasi. Dokter bius, residen dokter bius, dan perawat obat bius mendengarkan musik rock selama mereka kerja (44 persen), sedangkan sisanya (59 persen) mendengarkan musik pop.

Tentu saja keselamatan adalah yang utama. Partisipan di dalam survei mengatakan bahwa mereka menurunkan volume musik ketika terjadi hal-hal kritis di dalam operasi dan ketika muncul komplikasi. Nah, berikut 10 lagu rock yang sering diputar oleh ahli bedah dilansir brilio.net dari Antara, Rabu (8/8).

1. "Rock You Like a Hurricane" - Scorpions

2. "Sweet Child O’ Mine" - Guns N’ Roses

3. "Just What the Doctor Ordered" - Ted Nugent

4. "Break on Through" - The Doors

5. "Paint it, Black" - The Rolling Stones

6. "Whole Lotta Love" - Led Zeppelin

7. "We Will Rock You" - Queen

8. "Back in Black" - AC/DC

9. "Cocaine" - Eric Clapton

10. "The Wind Cries Mary" - Jimi Hendrix







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more