Brilio.net - Saat menjelang jam makan siang, kamu pasti sering terburu-buru membayangkan mau makan apa. Kamu memikirkan makanan tersebut terus menerus secara khidmat, dari mulai bau sampai rasanya. Padahal kalau kamu membiasakan seperti itu, lama-lama bisa bikin kamu jadi kelebihan berat badan. Lho kok bisa?

Dikutip brilio.net dari laman Men's Health, Selasa (16/6), para peneliti memberikan kuesioner pada tiga orang. Mereka diminta untuk menilai kondisi mental pikiran mereka sendiri. Salah satu survei berkaitan dengan hal umum, yang kedua berkaitan dengan makanan, dan yang ketiga berfokus pada bau (tapi hanya berisi satu pertanyaan tentang bau makanan). Seperti yang diperkirakan, para peneliti dengan cepat melihat korelasi antara Body Mass Index (BMI) dengan kemampuan orang untuk membayangkan bau makanan, apa pun jenisnya.

Namun, korelasi tersebut tidak muncul saat partisipan membayangkan benda-benda yang bukan makanan. Bahkan, indra penciuman terpilih sebagai prediktor terbaik dari BMI.

Sekarang cobalah meneliti sendiri dengan sebutir garam atau lapisan daging. Hanya karena kamu memiliki daya imajinasi yang bagus, bukan berarti kamu ditakdirkan melar. Menurut peneliti, hubungan antara bau imajiner dengan BMI masih belum jelas. Bahkan ada yang bilang BMI bukan alat yang tepat menilai apakah kamu ramping atau gemuk. Kalaupun BMI dijadikan standar, bisa-bisa si Dwayne 'The Rock' Johnson termasuk kategori obesitas, dong.

Nah, penjelasan yang paling mungkin disampaikan adalah yang disampaikan Barkha Patel, penulis utama studi. Dia menyatakan bahwa mungkin karena citra mental atau daya imajinasi merupakan faktor penting dalam mendorong dan mempertahankan keinginan makanan, karena lebih mampu membayangkan bau bisa mengintensifkan pengalaman keinginan, yang pada gilirannya akan mendorong mengonsumsi makanan.

Sambil menunggu para peneliti mengeksplorasi lebih jauh, kamu bisa mengatasi statement bahwa mengimajinasikan makanan bikin kamu gemuk. Bagaimana caranya? Menurut studi di Australia, kamu bisa mengalihkan fokus pada kegiatan lain, misalnya jalan-jalan atau berolahraga. Dengan aktivitas fisik dapat mengurangi stres, yang dapat mendorong kamu makan berlebihan. Pengalihan fokus ini juga akan mencegahmu dari keinginan berlebihan untuk makan banyak setelah membayangkan makanan-makanan tadi.

Well, guys, tetap ada solusinya bukan? Selalu jaga kesehatanmu ya.

BACA JUGA:

Ingin kurangi emosi negatif? Jauhilah makanan berlemak

7 Menu makanan & minuman yang sering muncul dalam sinetron

Biar nggak dehidrasi, kamu mesti pilih 4 makanan ini saat pancaroba

6 Makanan jadul yang sekarang ngehits di Indonesia

BERITA POPULER:

Dokter Lo Siaw Ging, tiap bulan bayar tagihan resep pasien Rp 10 juta

Selera musik bisa tentukan kelas sosial, kamu termasuk yang mana?

Ini penjelasan kenapa sosok ayah tak tampak di biskuit Khong Guan

Buaya hewan setia, tapi kenapa identik dengan pria hidung belang?

Buaya hewan setia, tapi kenapa identik dengan pria hidung belang?

Kamu pernah bertanya-tanya kenapa hewan memiliki ekor? Ini jawabannya

12 Hewan aneh yang ada di dunia

6 Kotoran hewan ini kini laris manis jadi makanan & minuman, kamu mau?