Brilio.net - Musik bukan hanya sekedar alunan yang menghibur jiwa. Musik bisa menjadi sebuah simbol dari identitas dalam menentukan kelas sosial. Mungkin kamu tidak menyadari hal tersebut. Selain itu, kamu juga cenderung berpikir bahwa musik hanya persoalan tentang selera. Akan tetapi, pendapatmu bisa patah dengan temuan yang dilakukan oleh Gerry Veenstra tentang persoalan musik dan kelas sosial, sebagaimana dikutip brilio.net dari Canadian Review Sociology, Jumat (12/6).

Riset yang dilakukan oleh ahli sosiologi dari University of British Columbia itu melibatkan 1.600 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah interview melalui sambungan telepon. Semua responden berasal dari Vancouver dan Toronto, Amerika Serikat.

Temuan riset tersebut menyebutkan bahwa orang yang mempunyai kemampuan ekonomi dan pendidikannya rendah lebih menyukai musik dengan genre disko, country, heavy metal, rap, easy listening, dan tembang yang bernuansa golden oldies.

Sedangkan orang yang elit, dalam hal ini kaya dan juga berpendidikan tinggi lebih memilih musik dengan genre jazz, opera, reggae, rock, musik untuk teater, dan juga world music.

Hasil riset ini memang langsung memunculkan perdebatan. Akan tetapi, Gerry menjelaskan bahwa status sosial mampu memberikan pengaruh mengapa seseorang menyukai jenis musik tertentu dibandingkan lainnya.

Di sisi lain, persoalan selera juga dijadikan sebagai patokan pembatas antara kelas sosial yang satu dengan lainnya. Hal itulah kenapa sebuah selera musik bisa menjadi bagian dari identitas kelas sosial masing-masing.

Kalau kamu suka genre musik apa?

 

BACA JUGA SOAL MUSIK YANG WAJIB KAMU TAHU:

Mengintip konser rock cerdas ala Captain Jack, menggandeng 8 seniwati

Merayakan kembalinya 'serigala' Jogja bersama para 'koboi kota'

Lingsir Wengi lagu buat manggil kuntilanak? Baca dulu sejarahnya dong!

Mengingat sejarah musik keroncong, dulu ngehits tapi kini dilupakan

Suka mendengarkan musik pakai earphone? Begini cara membersihkannya

Rahasia di balik pemutaran musik di supermarket, bikin betah belanja

10 Fakta tentang musik dangdut yang tak banyak kamu tahu

 

SOAL GOLONGAN DARAH DAN MUSIK KESUKAAN KAMU:

Ini aliran musik yang paling klik buat kamu bergolongan darah A

Kamu berdarah O, cek aliran musik 'sadis' ini buatmu

Ini 5 genre musik yang cocok didengerin golongan darah AB

Ini aliran musik yang oke punya buat golongan darah B