Brilio.net - Kamu yang pernah menonton film Kuntilanak, pasti tahu kan lagu Lingsir Wengi yang dinyanyikan oleh Sam yang diperankan oleh Julie Estelle? Katanya sih kalau lagu Lingsir Wengi dinyanyikan, maka para kuntilanak akan datang menghampirimu. Ditambah lagi, beberapa cerita orang-orang yang katanya pernah menyanyikan lagu ini, lalu didatangi oleh seorang nenek berwajah keriput pucat dengan rambut yang terurai panjang, hiii!

Tapi memangnya benar ya lagu Lingsir Wengi bisa memanggil arwah kuntilanak? Gimana sih ceritanya sampai lagu ini disebut penanda datangnya hantu yang selalu diidentikkan dengan perempuan berambut panjang berjubah putih ini?

Dihimpun brilio.net dari berbagai literatur, Jumat (12/6), Lingsir Wengi ternyata bukan lagu pemanggil kuntilanak, lho. Justru lagu ini diciptakan oleh Sunan Kalijaga sebagai media seni untuk berdakwah mengajarkan agama Islam pada zamannya.

Kidung Lingsir Wengi atau dalam judul aslinya Kidung Rumekso Ing Wingi berisi doa-doa yang dipanjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa. Lagu ini diciptakan dengan menggunakan pakem gending Jawa yaitu Macapat. Paket Macapat sendiri berisi 11 macam pakem yang salah satunya adalah pakem Durma yang dipakai dalam pembuatan lagu Kidung Lingsir Wengi ini.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Pada zaman dahulu, Sunan Kalijaga menyanyikan kidung ini setelah salat malam yang berguna sebagai penolak bala atau mencegah gangguan-gangguan yang berasal dari makhluk gaib. Bahkan dalam perkembangannya, lagu ini sering digunakan oleh para ibu zaman dahulu untuk 'meninabobokan' anaknya. Hal ini disebabkan karena lirik lagu aslinya berisi doa-doa meminta perlindungan kepada Tuhan, bukan seperti lirik lagu Lingsir Wengi yang selama ini diyakini sebagai pemanggil kuntilanak. Lalu kenapa identik sebagai lagu horor?

Hal ini kemungkinan disebabkan karena pakem Durma yang digunakan dalam pembuatan lagu ini. Karena setiap lagu yang diciptakan menggunakan pakem ini harus mencerminkan suasana yang keras, sangar, suram, kesedihan, bahkan hal-hal yang berhubungan dengan kengerian hidup. Itu makanya lagu Lingsir Wengi dinyanyikan dengan perasaan yang lembut menyayat hati dengan tempo yang pelan. Nah, jangan salah kira lagi ya?

BACA JUGA BERITA SEJARAH YANG BRILIO DI SINI:

Ini dia sejarah penciptaan huruf alfabet yang kita kenal sekarang!

Ini nih sejarah lahirnya sepeda motor

Ini sejarah terciptanya Bakso yang sering kamu makan, mengharukan lho!

Mengingat sejarah musik keroncong, dulu ngehits tapi kini dilupakan

HOT HOT BRILIO NEWS:

Siapa sebenarnya ibu dan bapak dari Masha? Ini penjelasannya

VIDEO: Pria ini menantang digigit semut di wilayah paling pribadi

Kok jumlah anak tangga selalu ganjil ya, sengajakah?

Bukan Bogor atau Malang, inilah kota terdingin di Indonesia, mana ya?

Kemiripan pemimpin Hokage dalam film Naruto dengan presiden Indonesia

(brl/gib)