Brilio.net - Jika sekarang kita lihat di jalanan, kira-kira kendaraan apa yang paling banyak lalu lalang? Pasti jawabannya adalah sepeda motor kan?

Meskipun gerakan bike to work sudah digalakkan dan armada angkutan umum sudah ditambah, tetap saja banyak orang merasa lebih nyaman saat mereka menggunakan sepeda motor pribadi. Jika kamu juga termasuk pengguna sepeda motor nih, sudah tahu belum bagaimana sejarahnya?

Seperti yang dilansir dari inventors.about.com Kamis (4/6), seorang pria berkebangsaan Amerika bernama Sylvester Howard Roper menciptakan sepeda motor dengan dua tabung dan mesin uap yang menggunakan batu bara sebagai bahan bakarnya pada tahun 1867.

Penciptaan itulah yang kemudian disinyalir sebagai sepeda motor yang pertama. Selain itu, Howard Roper juga dikenal sebagai orang pertama yang menciptakan mobil yang menggunakan mesin uap pertama.

Kemudian pada 1885, seorang berkebangsaan Jerman bernama Gottlieb Daimler membuat sepeda motor dengan menggunakan mesin gas pertama yang dipasangkan pada sebuah sepeda kayu.

Loading...

Setelah itu barulah kemudian pada tahun 1903 William Harley beserta temannya Arthur dan Walter Davidson mendirikan perusahaan Harley-Davidson Motor Company yang mana produknya memiliki mesin-mesin berkualitas tinggi.