Brilio.net - Sepatu merupakan salah satu aset terpenting dalam penampilan seseorang. Kalau kamu penggemar sepatu dengan berbagai model dan bahan, tentu kamu harus selalu merawatnya dong, biar tetap awet.

Tak hanya itu, kamu juga butuh trik khusus apalagi kalau koleksi sepatu kamu terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Nah, biar sepatu kamu tetap cerah dan memberikan kesan positif sama penampilan kamu, simak tips merawat sepatu berikut yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber. Cekidot!

1. Sepatu kulit

Tips merawat sepatu ini wajib kamu pahami, beda bahan beda cara lho!

Loading...

Gunakan kain lembab untuk membersihkan debu atau kotoran. Poles sepatu dengan krim semir dengan warna yang sesuai dengan warna kulit sepatu supaya nggak merusak warna dan hindari krim cair. Biasakan menyemirnya dalam satu arah agar alur sepatu kamu nggak berubah dan tetap terlihat alami.

Gunakan sikat khusus atau sejenis sponge saat membersihkan sepatu kamu. Kamu juga bisa memakai sikat gigi bekas untuk menyikat bagian-bagian kecil.

Setelah disemir, letakkan sepatu di atas koran bekas dan jemurlah hingga kering selama 15 menit. Jangan menjemur sepatu kamu di luar rumah saat matahari sedang bersinar dengan teriknya karena panas yang berlebihan bisa membuat kulit pada sepatu mudah pecah. Selanjutnya sikat sedikit dengan sikat sepatu dan poles dengan kain flanel bersih.

2. Sepatu suede

Tips merawat sepatu ini wajib kamu pahami, beda bahan beda cara lho!

Sepatu berbahan suede harus dibersihkan dengan sikat khusus yang lembut dan pembersih khusus untuk bahan suede.

Jika sepatu kamu memiliki petunjuk perawatan, ikuti petunjuk itu. Suede sangat sensitif terhadap air, jadi noda kotor dan noda gores paling baik ditangani ketika sepatu dalam keadaan kering. Jangan mengelap noda dengan kain basah namun gunakan suede eraser yang sudah banyak dijual di pasaran. Sikat sepatu dengan lembut apabila sepatu berdebu. Jangan lakukan gerakan bolak-balik, sikatlah searah secara berulang-ulang.

Kalau ada goresan dan noda yang nggak bisa disikat seringkali dapat dihilangkan dengan cara digosok menggunakan penghapus pensil atau karet krep (bahan karet yang berkerut yang digunakan untuk membuat sol sepatu). Kamu juga bisa membeli penghapus khusus suede yang dirancang untuk membersihkan noda. Hapus noda tersebut dengan tekanan sedang dan lakukan lebih keras lagi jika nodanya lebih sulit.

3. Sepatu satin

Tips merawat sepatu ini wajib kamu pahami, beda bahan beda cara lho!

Jika muncul noda di sepatu, hindari mencuci dengan air karena akan merusak bahan satin yang lembut. Untuk membersihkan, lembabkan sponge atau kain dengan air hangat, kemudian bersihkan bagian yang kotor di sepatu kamu dengan gerakan satu arah. Apabila air saja nggak berhasil, gunakan sabun ber-olive oil. Hindari cara membersihkan yang terlalu menekan agar benang-benang satin tak rusak. Pilih pengeringan alami, namun hindari di bawah sinar matahari langsung karena akan memudarkan warna sepatunya. Tapi kalau sepatunya sangat kotor juga, bawa sepatu ke laundry khusus yang dapat membersihkan sepatu.

4. Sepatu patent

Tips merawat sepatu ini wajib kamu pahami, beda bahan beda cara lho!

Berbeda dengan sintetis, bahan kulit paten lebih mengkilap. Gunakan kain untuk menyingkirkan debu lalu pijat permukaan sepatu dengan memakai sabun lembut dan lap dengan kain tadi. Gunakan sedikit petroleum jelly dan kain lembut yang kering untuk membersihkan sepatu dengan gerakan cepat dan pendek. Potreleum jelly sejenis pelembab kecantikan yang biasa digunakan untuk menjaga bahan kulit lebih bersih dan dan menghindari kerusakan. Apabila ada cacat di permukaan sepatu, tambah lagi jelly-nya hingga cacat hilang.

Jika sudah, usap sepatu dengan kain bersih untuk menyempurnakan penampilannya. Berhati-hatilah dengan jalan yang membuat sepatu rawan tergores. Hindari posisi duduk, berdiri, atau berjalan yang menekan sepatu agar tidak muncul garis halus di sepatu.

5. Sepatu espadrilles

Tips merawat sepatu ini wajib kamu pahami, beda bahan beda cara lho!

Espadrilles merupakan sepatu dengan sol anyaman yang terbuat dari tali cord (tambang). Ini merupakan bagian yang paling sulit untuk dibersihkan. Hati-hati, menyikat dengan keras hanya akan membuat bentuk dan tali tambang tersebut rusak. Sol berbahan tambang atau jerami hanya dapat dibersihkan dengan tangan. Bersihkan dengan sikat gigi bekas berbulu halus/kain lembut dan sedikit detergen halus. Jangan menyikatnya terlalu keras karena akan membuat warna sol menjadi berubah.

Gunakan kain lembab untuk menyeka daerah yang terkena noda. Kain lembab ini berguna untuk menghilangkan kotoran yang tak bisa dihilangkan dengan sikat. Kalau nggak dibutuhkan, sebaiknya kamu tak perlu membasahi semua sol karena mengeringkan sol jerami tidaklah mudah. Untuk noda yang lebih sulit, semprotkan saja cairan pembersih kain. Biarkan pembersih ini benar-benar kering sebelum menyimpan atau mengenakan sepatu kamu kembali.

6. Sepatu kulit ular

Tips merawat sepatu ini wajib kamu pahami, beda bahan beda cara lho!

Letakkan sepatu di tempat yang sejuk, jauh dari sinar matahari. Rawat sepatu kulit ular dengan krim untuk produk kulit dengan cara menggosoknya lembut ke permukaan sepatu. Jadi, jangan sembarang membersihkan sepatu berbahan kulit ular ya!

Selalu bersihkan sepatu sebelum disimpan dan gunakan ganjalan sepatu untuk menjaga bentuk. Selain itu taruh sepatu di rak sepatu terbuka agar tidak lembab dan berjamur. Letakkan silica gel dan ganti setiap 2 minggu sekali. Semoga bermanfaat untuk membuat seluruh koleksi sepatumu bersih bersinar ya!