Brilio.net - Bukan rahasia lagi jika rok pensil jadi pilihan penting untuk melengkapi tampilan banyak wanita. Bahkan ada pernyataan klasik bahwa setiap wanita karier harus memiliki rok pensil di lemari mereka, terutama yang berwarna hitam.

Alasannya selain cocok serta mudah dipadupadankan dengan jenis pakaian lain, warna hitam memberikan siluet tubuh ramping. Selain itu, classic statement piece ini bikin penampilan jadi terlihat formal. Tapi ternyata nih, rok pensil awalnya memiliki tujuan lain ketika pertama kali dirancang.

Asal usul rok pensil, berasal dari gaun yang diikat seorang wanita

Bentuknya yang panjang dan ramping seperti sebuah pensil adalah asal usul dari rok yang telah eksis sejak tahun 40-an ini. Sebelum menjadi staple item di era tersebut, wujud rok pensil terinspirasi dari hobble skirt yang diperkenalkan oleh Paul Poiret di tahun 1910.

Seperti dilansir brilio.net dari thegrindstone, Kamis (20/8), Paul Poiret mendapatkan inspirasi dari Mrs. Berg, penumpang pesawat wanita pertama, yang mengikat rok panjangnya untuk menghindari masalah saat penerbangan.

Loading...

Foto dari kegiatan penerbangan pesawat itu pun kemudian tersebar ke seluruh dunia yang menyebabkan hobble skirt menjadi hot trend sampai awal abad ke-20. Kamu akan melihat tampilan seperti layaknya putri duyung berbentuk gaun.

Namun, tren itu tak bertahan lama karena sulitnya digunakan untuk berjalan, hingga akhirnya kepopuleran hobble skirt pun memudar.

Setelah tiga dekade, tepatnya tahun 1940, hobble skirt menginspirasi sang desainer legenda, Christian Dior. Dior mengadaptasi hobble skirt menjadi item yang lebih pendek dan mudah digunakan. Ia menciptakan rok pensil modern dengan siluet yang disebut H Line sehingga menampilkan lekuk tubuh wanita.

Asal usul rok pensil, berasal dari gaun yang diikat seorang wanita

Pada awal kemunculannya, pencil skirt digunakan bersama setelan yang serasi. Namun kemudian dikombinasikan dengan blus pas, peplum top, atau soft sweater yang menonjolkan pinggang kecil dan lekuk tubuh. 

Tren ini juga menyebabkan korset yang sempat hilang, kembali di era ini. Sempat tenggalam di tahun 50 dan 60, kejayaan rok pensil kembali di tahun 80-an dengan gaya lebih dramatis dan bertahan sampai hari ini.

Di era kejayaannya, beberapa artis legenda seperti Ava Gardner, Katharine Hepburn, Marilyn Monroe, Audrey Hepburn, juga Princess Grace terlihat menggunakannya dan disebut sebut sebagai penggemar sejati. Dalam film maupun dalam keseharian, mereka mengenakannya bersama setelan, kemeja, dan juga sweater. Kini, pencil skirt menjadi staple item untuk kaum wanita termasuk para selebritas dunia.

Asal usul rok pensil, berasal dari gaun yang diikat seorang wanita

Banyak selebritas terlihat menggunakannya dalam gaya sehari–hari serta acara formal seperti red carpet. Beberapa di antaranya adalah Victoria Beckham, Miranda Kerr, Jennifer Lopez, dan bahkan sang diva Beyonce sangat sering terlihat dengan balutan pencil skirt. Meskipun menggandrungi item yang sama, gaya penampilan mereka bisa dikatakan cukup berbeda.

Kalau kamu sendiri gimana, apakah termasuk pengguna setia rok pensil? Selamat memadumadankan rok pensil dengan gaya ala kamu ya!