Brilio.net - Saat kamu jalan-jalan ke mal, coba deh fokus ke bawah. Mungkin kamu akan menemukan cewek-cewek bahkan cowok menggunakan sepatu kanvas warna-warni. Itu namanya espadrilles, sepatu santai yang terbuat dari kanvas atau katun dengan sol lentur yang flat. Nggak heran, sepatu espadrilles memang kembali jadi tren sejak beberapa waktu lalu.

Dilansir brilio.net dari Genius Beauty, Senin (24/8), konon katanya espadrilles adalah sepatu petani Catalan dari awal abad 13. Sepatu ini diperkenalkan pada periode 1950-1960 oleh seorang desainer abad XX Yves Saint Laurent dengan versi wedges. Tapi seiring tren konsumer yang mencintai gaya kasual chic dan boomingnya dress bergaya kasual, kini espadrilles lebih banyak dijumpai versi flat.

Jenis alas kaki yang berkesan maskulin ini banyak dikenakan para wanita untuk memberikan kesan androginy atau sekadar ingin tampil kasual namun tetap chic. Bahan yang digunakannya pun menyerap keringat dan alasnya nggak bikin kaki cepat capek. Ciri sepatu espadrilles terletak pada bagian sol yang dianyam dengan tali rami. Tak jarang upper model sepatu ini diciptakan dari bahan kanvas. Sejumlah brand alas kaki pun banyak menghadirkan espadrilles dengan beragam motif atau detail.

Espadrilles, sepatu casual yang lagi ngehits di musim panas

Meski asalnya dari Semenanjung Iberia, tepatnya Pegunungan Pyrenia di perbatasan Prancis, Spanyol, dan Andorra, banyak yang mengira sepatu tersebut datang dari Jepang. Penyebabnya adalah Wakai, merek espadrilles yang sedang ngetren di Indonesia, ditulis dalam huruf kanji. Wakai Raifusairu, nama lengkapnya, diambil dari bahasa Jepang yang berarti gaya hidup muda.

Loading...

Padahal sebenarnya Wakai adalah produk asli Indonesia yang diproduksi PT Metroxx Global, pemegang lisensi produk fashion mancanegara, termasuk Crocs dan Superdry. Tapi tak bisa dipungkiri kalau sebagian besar desain sepatu berbahan kanvas dengan kisaran harga Rp 275 sampai Rp 375 ribu ini dibuat desainer Jepang.

Espadrilles, sepatu casual yang lagi ngehits di musim panas

Seiring datangnya musim panas, sepatu espadrilles kerap dipakai oleh para wanita modis yang suka travelling. Miranda Kerr merupakan salah satu ikon fashion yang baru-baru ini terlihat mengenakannya. Kalau kamu sendiri gimana, tertarik untuk mencoba gaya kasual dengan sepatu espadrille, ladies?