Brilio.net - Manusia itu unik. Masing-masing lahir ke dunia dengan sifat dan pembawaannya masing-masing. Ada yang periang, ceria, tapi ada juga yang sensitif. Ini nih yang bikin ribet. Kadang saking sensitif, seseorang menjadi lebih reaktif terhadap sesuatu hal. Ngeselin kan? Lalu kenapa sih orang bisa punya sifat sensitif?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of California, yang bekerja sama dengan Monmouth University dan Albert Einstein College of Medicine, seperti dikutip brilio.net dari Elite Daily, Rabu (17/6), sifat sensitif ternyata merupakan gen sifat yang dibawa seseorang sejak lahir yang berkaitan dengan reaksi secara fisiologis serta pola perilaku otaknya. Wow!

Selain gen, lingkungan juga berperan penting dalam prosentase pembentukan sifat manusia. Conthnya, manusia sering merasa sedih ketika mendengar lagu-lagu dengan lirik yang galau, atau bahkan menangis ketika menonton film drama yang dengan jalan cerita yang tragis.

Jeleknya adalah orang-orang dengan gen sensitif cenderung memiliki perhatian yang tinggi terhadap hal-hal negatif ketimbang memikirkan manfaat positifnya. Hal ini bisa berakibat buruk sebab dapat membuat mereka memiliki kecemasan yang tinggi terutama ketika mereka merespon sesuatu hal atau ketika berada pada suatu tempat yang asing.

Studi psikologis ini sendiri dilakukan dengan meminta 18 orang responden untuk melihat beberapa foto. Para ilmuwan tersebut lalu akan meneliti bagaimana mereka bereaksi terhadap foto tersebut, apakah akan mengerutkan dahi atau malah tersenyum lebar setelah melihatnya.

Menurut hasil penelitian, orang-orang dengan gen sensitivitas pengolahan sensorik (SPS) memiliki aliran darah yang lebih besar ke daerah otak yang bertanggung jawab mengenai emosi, kesadaran dan empati. Hal ini jugalah yang menjadi bukti fisik keberadaan sifat sensitif manusia.

BACA JUGA:

8 Hal yang perlu kamu tahu tentang pasta gigi dan cara pemakaiannya

Ini semut terganas dunia, gigitannya bisa bunuh orang dalam 15 menit

Gigi tanggal pada orang dewasa pertanda mulai pikun

Malas sikat gigi bisa bikin kamu terkena serangan jantung, waduh!

5 Kebiasaan ini ternyata membahayakan gigimu

Bawang putih manjur usir sakit gigi, begini cara memakainya