Brilio.net - Pernahkah kamu mengirimkan short message services (SMS) ‘Yang kuat ya! Pasti kamu bisa melewati semua ini’ terhadap pacarmu yang sedang sakit? Pasti sering bukan?.

Hal ini merupakan kabar gembira dan patut untuk dipertahankan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pesan SMS ternyata bisa mengubah persepsi rasa sakit yang dialami oleh orang tersebut, sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari National Center for Biotechnology Informationn, Amerika Serikat, Kamis (30/7).

Penelitian ini dilakukan oleh Guillory J dan rekannya dengan melibatkan 68 orang (17 lpria dan 51 wanita). Data dalam penelitian ini diambil dari ahli penyakit klinis di kota New York dengan menggunakan aplikasi ponsel pintar. Aplikasi tersebut berisi catatan penyakit, gangguan nyeri dan penyebabnya dalam jangka waktu empat minggu.

Dari 68 orang tersebut dibagi menjadi dua kelompok yang berbeda. Pertama adalah mereka yang mendapatkan dukungan melalui pesan SMS. Sedangkan yang lainnya tidak mendapatkan pesan SMS. Jumlah pesan SMS yang diterima oleh kelompok pertama adalah dua buah setiap harinya.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya hubungan yang positif antara pesan SMS dan rasa nyeri. Orang-orang yang menerima SMS berupa dukungan ternyata menunjukkan persepsi rasa sakit yang berbeda. Akan tetapi, hasil ini hanya berlaku bagi mereka yang sudah berpasangan baik sudah menikah atau belum.

Loading...

Temuan riset tersebut menandaskan bahwa pesan SMS yang diterima oleh orang yang single dan tidak mempunyai hubungan persahabatan yang nyata tidak ada efeknya.

Jadi, pesan dari sang pacar sangat berguna bukan? Mulai sekarang lebih perhatiin pacarmu, apalagi saat sakit melanda.