×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Sering mimpi buruk ternyata bermanfaat bagi kesehatan mental kamu

View Image

0

BRILIO » Life

Sering mimpi buruk ternyata bermanfaat bagi kesehatan mental kamu

Saat mimpi buruk, otak bawah sadar kita mengambil ketakutan abstrak sehingga mengubahnya menjadi cerita dalam bentuk mimpi buruk.

24 / 07 / 2015

Brilio.net - Mimpi itu katanya bunga tidur. Semua orang siap nggak siap, terima atau nggak, pasti pernah mengalami mimpi. Ada yang mimpinya indah dan seru, tapi ada juga yang mimpinya tentang kejadian buruk yang justru bikin terbangun tengah malam. Keki ya rasanya? Apalagi kalau setelah itu nggak bisa tidur lagi. Hih!

Eits, tapi jangan keburu bete dulu. Sebenarnya mimpi buruk itu nggak selamanya selalu jelek kok. Justru jika sering bermimpi hal buruk bikin kesehatan mentalmu menjadi lebih baik, lho. Nggak percaya?

Menurut para peneliti, seperti yang terekam dalam video 'The Good Side of Bad Dreams', yang dikutip brilio.net dari NYMag, Jumat (24/7), ketika mengalami mimpi buruk, itu berarti otak bawah sadar kita mengambil ketakutan abstrak sehingga mengubahnya menjadi cerita dalam bentuk mimpi buruk.

Nah, mimpi buruk sendiri sebenarnya adalah bentuk pelepasan emosional, sehingga jika kita mengalaminya, artinya kita melepaskan semua tekanan serta kecemasan yang mengganggu kita di kehidupan nyata. Sehingga kita seharusnya menjadi lebih tenang setelah terjaga. Memangnya apa yang terjadi saat kita bermimpi buruk?

Jadi begini, mimpi buruk itu terjadi pada dasarnya membutuhkan rasa takut. Nah, rasa takut inilah yang oleh otak akhirnya diubah menjadi memori. Kenapa dibilang bermanfaat? Sebab penelitian mengungkapkan bahwa kenangan ternyata lebih mudah untuk melindungi pikiran tentang sesuatu hal yang terjadi pada masa lalu ketimbang kecemasan yang terjadi tentang hal-hal di sekitar kita.

Loading...

Makanya, kalau kamu termasuk orang yang sering mengalami mimpi buruk saat tidur, jangan terlalu khawatir dan lalu mengaitkannya dengan hal-hal jelek yang akan terjadi, bahkan mistis dan klenik ya? Ini cuma cara otak untuk melepaskan ketakutan kita di masa lalu kok. Lalu apa artinya kalau mimpi soal mantan? Krik krik krik.

Simak dulu deh penjelasannya dari video ini:

BACA JUGA TIPS BUAT KESEHATAN KAMU LAINNYA:

5 Manfaat kesehatan dari minum air putih selepas bangun pagi

Pedoman minum kopi yang sebaiknya kamu tiru, demi kesehatan kamu

Punya tubuh kurus pasti selalu dianggap sehat, kamu yakin?

7 Manfaat dahsyat buah kurma untuk kesehatan kamu

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Pengen kulit kamu selalu sehat? Makan buah-buahan kaya vitamin C ya!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more