Brilio.net - Tidak hanya saat makan, orang berjalan pun sering sambil membalas pesan melalui smartphone mereka. Memang perkembangan teknologi membuat orang tidak bisa lepas dari ponsel pintarnya. Selain browsing topik di internet, orang-orang juga membalas dan berkirim pesan melalui ponsel mereka sambil berjalan. Jika kamu mempunyai kebiasaan seperti ini sebaiknya mulailah untuk meninggalkannya.

Sebuah riset mengungkapkan bahwa kebiasaan membalas pesan sambil berjalan bisa membuat orang tidak cepat dalam menghindari kecelakaan sebagaimana dikutip brilio.net dari jurnal PLOS ONE, Jumat (31/7). Selain itu, penelitian yang dilakukan ahli dari Texas A&M University dan University of Bath ini juga menunjukkan bahwa kebiasaan seperti ini bisa menyebabkan kecepatan jalan menurun dan susah berjalan secara lurus.

Riset ini dilakukan terhadap 30 orang dengan rentang usia antara 18-50 tahun. Ada berbagai metode yang dilakukan untuk melakukan studi ini. Setiap peserta melakukan tugas di antara tiga pilihan yang berbeda secara acak, yakni: jalan biasa, jalan sambil membalas pesan, dan jalan sambil membalas pesan serta menjawab soal matematika.

Dalam analisisnya, penelitian ini menggunakan metode tiga dimensi untuk mengetahui efek dari setiap metode. Temuan dari riset tersebut menyebutkan bahwa jalan sambil membalas pesan bisa mengurangi kecepatan berjalan dan juga susah untuk berjalan dengan arah yang lurus. Selain itu, jalan sambil membalas pesan juga membuat seseorang lamban dalam merespons bahaya di jalanan.

Dalam hasil penelitian tersebut juga ditunjukkan bahwa metode kedua dan ketiga memiliki efek yang sama saat orang berjalan.

Jadi, simpanlah ponselmu dan nikmati suasana trotoar!

(brl/swh)

(brl/swh)