Brilio.net - Hari gini ngikutin kemajuan teknologi itu nggak ada habis-habisnya deh. Contohnya deh, telepon genggam. Benda mungil ini dulunya cuma berlayar hitam putih dengan fungsinya yang cuma sebatas telepon dan berkirim pesan pendek.

Coba bandingkan dengan teknologi telepon genggam zaman sekarang. Dari mulai layar lebar dengan jutaan warna, bisa dengerin lagu, bisa buat nonton film, dan kameranya itu lho, makin lama makin canggih saja. Bahkan saking canggihnya kamu nggak butuh kamera DSLR untuk menghasilkan foto yang bagus.

Nah, biar foto dari smarphonemu terlihat kreatif dan menarik, kamu boleh coba nih 8 ide fotografi kreatif dengan smartphone yang dirilis oleh Cooperative of Photography, seperti dikutip brilio.net dari Petapixel, Sabtu (25/7). Psstt, siap-siap dibanjiri likes dan komen di Instagrammu ya? Pasti mau kan?

1. Pakai balon untuk memotret dari 'angkasa'
Siapa bilang cuma orang yang punya drone aja yang bisa buat foto bagus dari angkasa? Kamu juga bisa kok membuat foto seperti ini dengan hasil yang sebelas dua belas dengan drone. Nggak perlu biaya mahal pula. Caranya dengan memakai balon helium untuk menerbangkan smartphonemu. pengambilan gambarnya pun nggak ribet. Kamu cukup menggunakan aplikasi remote shutter yang banyak dijual di pasaran dan voilla! Kamu bisa menghasilkan foto keren kayak diambil menggunakan drone kan?

2. Kacamata hitam dengan gradasi untuk bikin efek gelap dan terang
Pernah mencoba memotret sunset atau sunrise? Pasti tahu dong perbedaan tingkat cahaya background dan foreground sehingga foto yang dihasilkan mengakibatkan langit terlihat terang sementara bumi terlihat gelap atau sebaliknya? Nah, kalau kamu pikir itu perlu peralatan mahal, wah salah besar tuh. Kamu bisa menggunakan kacamata hitam yang punya gradasi warna pada kacanya aja dan bim salabim, jadi deh foto keren! Nggak mahal kan?

3. Kardus yang dilubangi untuk membuat efek pinhole
Foto dengan efek pinhole itu keren banget. Kalau kamu pengen buat foto dengan teknik ini, kamu tinggal mencoba dengan membuat lubang kecil pada sebuah kardus kecil. Setelah itu ditempelkan ke lensa untuk memotret deh. Hasilnya? Juarraakk!!

4. Frame '3D' dengan pola kertas polaroid
Punya kertas polaroid yang nggak kepakai? Atau pengen bikin foto '3D' dengan efek polaroid? Gampang, kamu bisa membuat pola frame foto polaroid lalu tinggal taruh di depan objek foto deh. Keren kan?

5. Buat foto 'tiny planet' dari panorama
Biasanya sih cara ini digunakan untuk memampatkan foto panorama yang panjang supaya bisa termuat dalam Instagram. Caranya gampang, kamu cuma perlu mengunduh aplikasi tiny planet di App Store atau Play Store, kamu bisa menyulap foto panoramamu menjadi serupa planet-planet kecil yang lucu.

6. Membuat foto menggunakan teknik "high-key"
Teknik high-key di sini maksudnya adalah dengan membuat foto terlihat over exposed alias terlihat terang dari warna aslinya. Cara buatnya? Gampang. Aplikasi edit foto di smartphone masa kini bisa mengatasinya. Kamu cukup mengatur tingkat exposurenya dan voilla, foto high-keymu bakalan sukses bikin orang melongo. Cobain deh!

7. Foto dalam foto
Bingung? Jadi gini, tips foto ini adalah ide foto kreatif yang akan menghasilkan gambar foto di dalam foto. Misalnya nih, kamu patung misalnya. Kamu tinggal foto bagian mulutnya aja atau matanya saja. Kemudian taruh ponsel yang memuat gambar tersebut di area yang sesuai di wajahmu itu deh. Kalau mau menerapkan tips ini, kamu perlu bantuan teman untuk membantu memotret deh.

8. Proyektor
Selain merekam gambar, smartphone zaman sekarang bisa dimanfaatkan untuk membuat video untuk ditampilkan ke bidang lebar serupa proyektor. Ah, mahal! Nggak sama sekali. Kamu cukup butuh kardus dan lensa kamera atau kaca pembesar. Caranya yaitu dengan melubangi salah satu sisi kardus sesuai ukuran lensa, pasang lensa tersebut kemudian dengan bantuan selotip kamu bisa meletakkan smartphonemu di dalam kardus, persis di depan lensa. Tutup kardus supaya nggak ada cahaya yang masuk. Keren kan jadinya? Yuk, cobaik yuk!

Nih, biar jelas kamu kudu lihat video di bawah ini.

 

HOT NEWS:

12 Foto tato orang yang salah tulis, apes betul mereka ini!

15 Emoji yang sering salah digunakan saat chatting

15 Hal ini pasti pernah kamu rasakan ketika merantau ke ibu kota

19 Foto bayi hewan yang menggemaskan

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Uji kecerdasanmu, bisa jawab di atas 7 berarti IQ tinggi

Ini dia penipuan paling epik pembeli online Indonesia, bikin ngakak

12 Pesan typo yang bikin orang salah paham

30 Nama Wi-Fi kocak yang bakal bikin kamu ngakak guling-guling!

17 Label baju kocak bin ngakak

15 Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 1)

Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 2)

24 Meme skripsi yang akan membuatmu meringis

20 Rasa rindu ini hanya dimengerti kamu yang pernah tinggal di Jogja

22 Gambar ini membuktikan kenapa fotografer adalah profesi yang keren!

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa