Brilio.net - Kita semua tahu bahwa bawang sangat penting bagi kesehatan. Asupan harian bawang membantu untuk menyingkirkan banyak infeksi dan penyakit.

Nah, kali ini brilio.net akan berbagi beberapa manfaat yang menarik dan nggak biasa dari bawang putih dalam artikel ini. Jika kamu dalam keadaan sehat dan mencari pengobatan untuk penyembuhan, maka bawang putih adalah pilihan terbaik.

Studi menunjukkan bahwa bawang putih ampuh digunakan di hampir semua jenis obat untuk penyakit yang berbeda. Ada banyak manfaat kesehatan dari bawang. Para ahli menyarankan bawang untuk membantu dalam melawan pertumbuhan berbagai jenis tumor. Alasannya, bawang putih dapat meningkatkan fungsi hormon dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, asupan bawang secara reguler dapat membantu untuk melindungi saraf dan sistem kardiovaskular.

Inilah manfaat menarik dan tak biasa yang dilansir dari Boldsky, Jumat (31/7). Check them out!

1. Meningkatkan kadar insulin

Bawang putih membantu peningkatan kadar insulin dalam tubuh dan juga membantu untuk memperlakukan penderita diabetes dengan mengendalikan kadar gula dalam darah.


2. Mengobati demam 

Ambil beberapa potong kentang cincang dan bawang merah, kemudian campur dengan bawang putih cincang lalu pakailah campuran ini pada kaki kamu dengan menggunakan sepasang kaus kaki. Pastikan tubuh kamu tetap hangat supaya suhu tubuh bisa berkurang secara drastis.

Jika kamu memerlukan cara yang lebih cepat untuk menurunkan demam, gunakan kain yang direndam dalam cuka sari apel lalu tempatkan di dahi kamu. Ini akan membantu untuk mendinginkan suhu tubuh.

3. Menghilangkan iritasi pada mata

Ini adalah salah satu penggunaan yang tak biasa dari bawang. Jika kamu memiliki gangguan mata, potonglah bawang untuk mendapatkan air mata yang mengalir. Hal ini membantu untuk meringankan iritasi pada mata. Pastikan kamu tidak menggosok mata karena akan memperburuk kondisi iritasi.

4. Mengobati batuk 

Lelah karena batuk tak kunjung sembuh? Gunakan obat sederhana dan alami ini dengan membuat campuran madu dan jus bawang. Madu akan menenangkan batuk, sedangkan bawang putih memiliki sifat antibiotik yang kuat dalam melawan bakteri.

5. Menyembuhkan luka bakar

Caranya mudah, cukup dengan mengiris bawang dan mengaplikasikannya langsung ke luka bakar. Ini membantu untuk menyembuhkan luka bakar secara langsung. Bagian terbaik dari obat rumahan dengan menggunakan bawang ini adalah tidak meninggalkan bekas luka.

2 dari 2 halaman



6. Mengatasi sengatan dan gigitan

Jika kamu disengat lebah atau tawon, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengambil penyengat dari kulit lalu menerapkan bawang yang sudah dihancurkan pada bekas sengatan. Hal ini membantu untuk mengurangi pembengkakan dan mencegah terjadinya reaksi alergi.

7. Menyembuhkan bekas luka

Gunakan potongan bawang putih pada bekas luka seperti sayatan dan menutupinya. Ini akan membantu untuk mencegah infeksi. Alhasil, luka akan dibersihkan dan pendarahan berhenti dengan cepat.

8. Memberikan struktur kulit dan rambut yang sehat 

Bawang putih tak hanya memiliki banyak manfaat kesehatan, tapi juga punya banyak manfaat kecantikan. Apakah kamu tahu bahwa asupan vitamin C sangat penting untuk membangun dan pemeliharaan kolagen dalam tubuh kita? Hal ini membantu untuk memberikan struktur yang sehat untuk kulit dan rambut, dan bawang bisa jadi pilihan yang baik.

9. Mengatasi masalah pencernaan

Bawang dapat memperbaiki sistem pencernaan jika kamu menderita masalah pencernaan. Asupan bawang putih dapat menyembuhkannya masalah ini dengan merangsang dinding perut dan usus untuk melancarkan enzim pencernaan.

10. Mengurangi rasa sakit di telinga

Bawang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, yang membantu untuk meringankan rasa sakit di telinga. Jika kamu menderita sakit telinga atau bermasalah dengan kotoran telinga, kamu bisa menyembuhkan sakit ini dengan potongan bawang putih. 

Tempatkan sepotong bawang putih di telinga kamu. Hal ini membantu untuk melunakkan kotoran telinga sehingga lebih mudah untuk keluar.