Brilio.net - Tahun ajaran baru akhirnya tiba juga. Liburan telah usai dan waktunya kamu semuanya untuk membakar semangat lagi menuntut ilmu.

Buat kamu yang masih males-malesan kebawa suasana liburan, ada baiknya memupuk semangat ke sekolah dengan cara yang asyik. Gimana caranya? Ya jangan sampai melupakan sarapan yang sehat, agar kamu tetap segar dan ceria sepanjang hari saat berada di sekolah.

Dilansir brilio.net dari laman LIVESTRONG, Senin (27/7), sarapan yang kaya karbohidrat dan protein bermanfaat sekali untukmu, baik mental maupun fisik. Manfaat sarapan sebelum berangkat sekolah tak hanya berpengaruh pada performa kamu selama di sekolah, tapi juga bisa menunjang kesehatanmu secara keseluruhan dan kemampuan belajar di sekolah dalam jangka panjang. Sayangnya, menurut situs Healthy Children, ada sekitar delapan sampai 12 persen anak-anak yang melewatkan sarapan, sementara pada kalangan remaja bisa mencapai tingkat 30 persen.

Padahal kalau kamu tahu, sarapan bisa meningkatkan kinerja otak dan fisikmu, lho.

Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang sarapan memiliki konsentrasi lebih baik selama jam sekolah, bila dibandingkan dengan anak-anak yang melewatkan makan pagi. Bahkan, studi pada Agustus 2013 yang mengusung isu "Frontiers in Human Neuroscience" menunjukkan fakta bahwa sarapan setiap hari bisa meningkatkan kinerja mental dan skor Matematika.

Loading...

William Sears, seorang dokter anak, menyatakan bahwa anak-anak yang sarapan juga lebih aktif dalam diskusi kelas, lebih baik dalam mengelola permasalahan kompleks di kelas, dan memperoleh nilai yang lebih baik. Hal ini disebabkan sarapan yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks seimbang bisa meningkatkan kinerja anak-anak di sekolah.

Sementara itu, efek sarapan untuk fisik kamu adalah bisa meningkatkan energi yang berasal dari pasokan karbohidrat dan protein tadi. Energi yang maksimal ini akan memungkinkan kamu bisa berpartisipasi dalam banyak kegiatan fisik di sekolah, termasuk mata pelajaran olahraga maupun kegiatan ekstrakurikuler.

Kamu yang terbiasa sarapan biasanya memang memiliki kesehatan lebih baik secara keseluruhan. Selain itu, kamu juga jarang terkena obesitas dan penyakit, dan tidak terancam tertinggal dalam mengikuti materi yang diberikan di sekolah. Semua ini akan terwujud kalau menu sarapan juga diperhatikan.

Sarapan yang sehat dan bergizi itu keharusan supaya performa di sekolah semakin mantap. Jadi sebenarnya memang perlu pandai-pandai memilih menu sarapan.

Menjadikan sereal tinggi gula sebagai sarapan akan meningkatkan gula darah. Mungkin pada saat jangka pendek, kamu akan bersemangat menjalani kegiatan sekolah. Atau justru malah mengantuk? Tapi yang jelas, kebanyakan gula dalam darah tidak bagus bagi kesehatanmu ke depannya.

Kamu perlu mengubah menu sarapan berkarbohidrat ke biji-bijian, misalnya oatmeal, roti gandum, sereal gandum. Untuk protein, kamu bisa mengonsumsi telur, daging tanpa lemak, atau tahu. Lengkapi pula dengan sayuran atau buah, sehingga nutrisi untuk tubuhmu semakin lengkap. Kamu juga bisa menambah makanan dengan kandungan kalsium tinggi seperti susu atau yogurt.

Selamat sekolah dan jangan lupakan sarapan ya. Kesehatanmu lho!