Brilio.net - Sekalipun bulan Ramadan tersisa sepuluh hari lagi, tidak ada salahnya kalau kamu mencermati kembali waktu makan malam kamu, ya.

Mungkin kamu selama ini sedikit bingung, kapan waktu yang tepat untuk mengisi ulang energimu setelah seharian berpuasa.

Dikutip brilio.net dari buku Food Combining di Bulan Ramadan milik Erikar Lebang, Senin (6/7), waktu paling ideal untuk makan malam selama bulan Ramadan adalah sebelum shalat isya atau sesudah shalat tawarih. Eits, tentu saja kamu sudah berbuka atau mengakhiri puasa pada saat bedug magrib berkumandang.

Makan malam yang dimaksud di sini adalah makan 'besar', lebih dari sekadar pembuka seperti takjil. Tapi apakah sekadar waktu makan malam saja yang harus kita perhatikan?

Jawabannya tidak. Waktu yang ada untuk makan malam sebelum shalat isya adalah sekitar 30-45 menit, sedangkan shalat tarawih kira-kira berakhir pada pukul 20.30 sampai 20.45. Nah, sempitnya waktu makan malam inilah, yang membuat kamu harus seeifisien mungkin dalam memberi asupan tubuhmu. Jangan sampai makan beragam menu yang justru bikin kamu semakin ingin memakan semua menu.

Kalau kamu makan berlebihan sebelum shalat isya dan tarawih, perut terasa begah. Gerakan-gerakan shalat yang sebenarnya melibatkan aktivitas otot perut menjadi mengaktifkan isi rongga perut yang akan terasa tidak nyaman bila perutmu penuh makanan. Belum lagi kalau materi yang masuk sulit dicerna. Kamu bakal terasa kelelahan dan tersiksa. Betul?

Tak jauh berbeda kalau kamu makan berlebihan paska shalat tarawih, sebab akan mengganggu sistem pencernaan kala tidur. Akibatnya, kualitas tidurmu juga berkurang.

Jadi, selain memperhatikan waktu makan malam, kamu juga perlu memperhatikan asupan makananmu. Jangan berlebihan, tapi sesuai kebutuhan tubuh kamu. Pastikan kamu menyeimbangkan karbohidrat dan protein yang seimbang, supaya sistem pencernaan kamu berjalan lancar.

Erikar Lebang menyarankan, kamu boleh mengacu pada saran Hiromi Shinya, gastroenterologist dari Jepang, yang menyatakan bahwa menu makan yang bisa bikin organ pencernaan sehat adalah buah, sayuran segar, biji-bijian, dan hanya mengonsumsi air putih berkualitas.

Nah, cermati kembali menu makan kamu ya, guys. Belum terlambat untuk bikin badan selalu sehat selama waktu ramadan yang tersisa.

PERLU JUGA UNTUK KAMU BACA:

Masalah klasik saat bulan puasa, bau mulut! Begini cara mengatasinya

Menag: Tak perlu memaksa tutup warung di bulan puasa

Begini cara menentukan awal Ramadan dan Syawal

Puasa bukan halangan berolahraga, kamu bisa melakukannya begini

5 Spot ngabuburit asyik dan murah di Yogyakarta

Di zaman Muhammad SAW, imsak ditandai selesainya bacaan quran 50 ayat

Hindari minum teh saat sahur, ini alasannya

Ini kenapa bulan dalam kalender Jawa mirip dengan kalender Hijriyah

Evolusi hijab dari masa ke masa di Indonesia, cantik dan bikin gemes