Brilio.net - Seiring berkembangnya zaman, teknologi pun semakin canggih. Bahkan kadang ada saja yang terasa di luar nalar kita, bukan?

Dilansir brilio.net dari laman Science ABC, Jumat (24/7), berikut ini sumber daya alternatif yang bikin kamu menganga tak percaya.

1. Kucing mati

Ini sumber daya alternatif ternyentrik yang bakal bikin kamu menganga

Seorang penemu dari Jerman, Christian Koch, telah menciptakan sebuah proses yang melibatkan ban bekas, gulma, dan mayat binatang (dalam hal ini adalah kucing mati) untuk membuat bio-diesel berkualitas. Proses ini menghasilkan sekitar 2,5 liter solar per kucing. Dia telah berhasil mengendarai kendaraannya sejauh kurang lebih 1 mil atau 1,6 kilometer dengan bahan bakar tersebut tanpa masalah apa pun. Namun begitu, kegiatan yang Christian Koch lakukan ditentang aktivis binatang. Pasalnya, idenya tersebut dituding terlalu mengerikan.

2. Panas tubuh

Ini sumber daya alternatif ternyentrik yang bakal bikin kamu menganga

Nah, kalau yang satu ini mungkin terdengar sedikit tradisional, ya? Namun ternyata, Swedia telah memiliki metode efisien ini.

Panas tubuh yang dihasilkan oleh 250.000 penumpang yang memadati stasiun kereta api Stockholm, yang mana menjadi stasiun tersibuk di Skandinavia, ternyata sangat besar. Semula, panas tubuh ini dibiarkan melayang di udara. Tapi sekarang, para insinyur telah memanfaatkannya.

Panas yang dihasilkan para penumpang ditangkap sistem ventilasi stasiun dan digunakan untuk menghangatkan air di tangki bawah tanah. Air ini disuplai ke ventilasi gedung perkantoran di dekatnya, sehingga bisa mengeblok panas tersebut. Jadi, suhu ruangan gedung perkantoran tetap hangat.

3. Ampas kopi

Ini sumber daya alternatif ternyentrik yang bakal bikin kamu menganga

Setiap tahun konsumsi kopi bisa mencapai 600 miliar cangkir kopi. Sebuah kedai kopi rata-rata bisa menghabiskan 10 kg kopi setiap hari. Nah, ampas kopi tersebut bisa lho digunakan untuk bio-diesel.

Bio-bean, yang didirikan di London oleh seorang mahasiswa arsitektur, telah mengklaim sebagai perusahaan pertama untuk industri daur ulang limbah kopi dan menghasilkan bio-diesel dan produk biomassa peluru. Kalau sudah begini, tidak menutup kemungkinan mobil bertenaga kopi bisa menjadi populer nantinya.

4. Cokelat

Ini sumber daya alternatif ternyentrik yang bakal bikin kamu menganga

Limbah yang dibuang dari pabrik cokelat diumpankan ke bakteri E.coli, yang mengakibatkan produksi hidrogen. Hidrogen sendiri merupakan salah satu bahan bakar terbersih.

Lemak dari cokelat juga dapat dikonversi menjadi bahan bakar bio dan digunakan untuk daya dari mobil balap, yang bisa mencapai jarak sampai 130 mil (209 km) per jam di arena pacuan.

5. Lantai dansa

Ini sumber daya alternatif ternyentrik yang bakal bikin kamu menganga

Banyak klub dansa di Jepang telah menerapkan teknologi canggih ini. Jadi, energi kinetik dari gerakan kaki orang berjalan atau menari di lantai dansa berubah menjadi listrik yang digunakan untuk membuat lantai bereaksi dan berinteraksi secara visual dan untuk aplikasi daya yang menunjukkan output listrik langsung dari gerakan seseorang.

Sistem ini bekerja dengan prinsip piezoelektrik. Piezoelektrik sendiri diproduksi ketika stres atau tegang diterapkan pada objek, yang akan dikonversi menjadi listrik.

6. Ganggang

Ini sumber daya alternatif ternyentrik yang bakal bikin kamu menganga

Ganggang bisa menggantikan bahan bakar fosil. Dia memiliki kalori yang lebih tinggi (kandungan panas) dibandingkan dengan jagung atau gula. Sebenarnya ide ini telah ada sejak 1942. Para ilmuwan telah bekerja keras untuk memanfaatkan energi ini.

Ganggang bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar bio-diesel bagi penerbangan. Untuk spesiesnya sendiri berasal dari ganggang yang kering dan berasam lemak. Asam lemak ini mengalami esterifikasi sehingga bio-diesel dapat dihasilkan.

 

HOT NEWS:

12 Foto tato orang yang salah tulis, apes betul mereka ini!

15 Emoji yang sering salah digunakan saat chatting

15 Hal ini pasti pernah kamu rasakan ketika merantau ke ibu kota

19 Foto bayi hewan yang menggemaskan

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Uji kecerdasanmu, bisa jawab di atas 7 berarti IQ tinggi

Ini dia penipuan paling epik pembeli online Indonesia, bikin ngakak

12 Pesan typo yang bikin orang salah paham

30 Nama Wi-Fi kocak yang bakal bikin kamu ngakak guling-guling!

17 Label baju kocak bin ngakak

15 Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 1)

Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 2)

24 Meme skripsi yang akan membuatmu meringis

20 Rasa rindu ini hanya dimengerti kamu yang pernah tinggal di Jogja

22 Gambar ini membuktikan kenapa fotografer adalah profesi yang keren!

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa