Brilio.net - Wajar saja jika seseorang merasakan homesick alias kangen berat dengan rumah. Sejauh kemanapun pergi, bayangan tentang rumah tetap selalu ada dalam benak kita. Akan tetapi, perasaan yang satu ini ternyata bisa membuat kamu sakit beneran secara fisik.

Dikutip brilio.net dari Mental Floss, Senin (20/7), disebutkan bahwa homesick bisa menyebabkan demam, disentri, berat badan menurun, gangguan jantung, dan juga gangguan tidur. Gangguan tersebut bisa muncul apabila seseorang merasakan homesick dalam tingkat yang ekstrem.

Penelitian tentang homesick dan penyakit fisik telah diinvestigasi pada tahun 1688. Riset tersebut dilakukan oleh seorang mahasiswa kedokteran asal Swiss bernama Johannes Hofer. Dalam studinya, Johannes sudah menemukan seorang yang homesick dan sering sakit. Misalnya ada satu orang berasal dari Bern (kota di Jerman) yang kemudian pindah ke sebuah wilayah di Swiss bernama Basel untuk keperluan sekolah.

Saat berada di Bern, orang tersebut sering mengalami demam dan hampir mati. Anehnya, ketika orang tersebut kembali ke daerah asalnya, semua gangguan tersebut langsung sembuh secara total. Karena kejadian tersebut, homesick dikategorikan sebagai salah satu penyakit pada waktu itu.

Selain itu, homesick ternyata juga mempengaruhi kondisi psikologis para tentara. Sekitar 5.000 tentara pada Perang Saudara (1861-1865) mengalami hal ini dan 74 di antaranya meninggal. Bahkan kejadian ini lebih parah daripada wabah sipilis waktu itu. Bahkan homesick juga dikenal dengan 'penyakit umum' para tentara.

Loading...

Saat ini, ilmu psikologi tidak lagi menggolongkan homesick sebagai sebuah penyakit. Homesick dipahami sebagai sebuah kerinduan dalam proses penyesuaian emosional. Bahkan, homesick dalam level yang rendah merupakan bukti bahwa kamu mencintai seseorang.

BACA JUGA TIPS BUAT KESEHATAN KAMU LAINNYA:

5 Manfaat kesehatan dari minum air putih selepas bangun pagi

Pedoman minum kopi yang sebaiknya kamu tiru, demi kesehatan kamu

Punya tubuh kurus pasti selalu dianggap sehat, kamu yakin?

7 Manfaat dahsyat buah kurma untuk kesehatan kamu

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Pengen kulit kamu selalu sehat? Makan buah-buahan kaya vitamin C ya!

Rajin olahraga nggak cuma menyehatkan, tapi bisa bikin kamu jenius!