Brilio.net - Memiliki gigi sensitif seringkali menyebabkan rasa nyeri dan ngilu saat makan atau minum. Ditambah lagi harus tersiksa dan nggak bebas saat harus memilih jenis makanan yang enak-enak. Karena, kalau salah memilih makanan malah bisa bikin gigi makin cenat-cenut sampai ke ubun-ubun.

Gigi yang sensitif disebabkan karena berkurang atau menipisnya lapisan email (enamel) di gigi. Penipisan email terutama disebabkan oleh kebiasaan makan yang buruk. Nah, biar gigi sensitif nggak makin ngilu, kamu harus menghindari makanan atau minuman berikut ini nih, seperti yang dilansir brilio.net dari thehealthsite.com, Jumat (12/6).

1. Mengurangi frekuensi atau jauhi makanan dan minuman tinggi asam

Makanan dan minuman yang tinggi asam, terutama jus seperti lemon, jeruk, tomat, soda dan minuman soda dan acar. PH rendah pada minuman tersebut dapat mengikis email gigi dan memperburuk kondisinya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Jus buah juga mengandung jumlah gula yang tidak sehat yang dari waktu ke waktu akan diubah menjadi gula asam. Minuman soda dan minuman berenergi tidak hanya memiliki mineral dan nutrisi yang lebih sedikit, tetapi mengandung sejumlah besar gula yang merugikan enamel.

Untuk mengurangi kontak minuman ini dengan gigi adalah dengan meminum minuman melalui sedotan. Dan menunggu setidaknya 30 menit setelah makan untuk menyikat gigi sehingga air liur yang dikeluarkan di dalam mulut dapat menetralkan asam.

2. Makanan yang sangat manis

Makanan yang sangat manis dapat memperburuk kondisi enamel yang rusak. Makanan yang sangat manis juga mendorong aktivitas bakteri, yang kemudian menghasilkan asam dan memperburuk masalah.

Bakteri tumbuh pada gula untuk menghasilkan asam gula dalam mulut yang dapat mengikis lapisan dentin bagian dalam. Tak hanya mengandung banyak gula, makanan manis juga telah menambahkan asam yang dapat merusak email gigi.

3. Minuman panas atau dingin

Dentin terdiri dari banyak saluran kecil yang disebut tubulus dentin yang mengandung cairan. Makan atau minum makanan panas atau dingin menggerakan cairan dalam saluran kecil ini dan menyebabkan iritasi saraf pada gigi sensitif.

Tak hanya makanan panas atau dingin, minuman beralkohol yang mengandung gula dan sangat asam juga bisa menyebabkan mulut jadi kering dan menyebabkan sensasi terbakar.

BACA JUGA:

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?

Es batu yang kamu minum dari air mentah atau air matang?

Nama 6 menu ini boleh saja seram tapi kelezatannya bikin ketagihan

Masih pagi sudah loyo? Kamu mesti cobain minum kopi dicampur telur

Jangan asal minum kopi! Ini waktu paling tepat buat kamu meminumnya

(brl/pep)