Brilio.net - Jika kamu mendengar kata Jogja, kuliner apa yang terlintas di benakmu? Yups, sebagian besar orang pasti menjawab, gudeg. Selain dikenal sebagai kota sejuta kenangan, Jogja memang terkenal karena makanan khasnya, yaitu gudeg.

Di setiap sudut kota, kamu akan menjumpai kedai atau warung yang menjajakan makanan yang terbuat dari buah nangka ini. Jika kamu berkunjung ke Jogja, salah satu sajian gudeg yang layak kamu cicipi adalah gudeg Bu Manto.

Dijajakan di trotoar, kelezatan gudeg Bu Manto tak kalah dari restoran

Warung Bu Manto memang tampak sederhana. Lapak jualannya pun hanya berada di trotoar jalan, tepatnya depan SPBU Gejayan. Kendati demikian, warung ini tidak pernah sepi. Buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 12 siang, lapak Bu Manto selalu ramai pembeli yang rata-rata pegawai kantoran dan mahasiswa. Bahkan, para pembeli rela mengantre lama agar bisa dilayani.

Menurut Bu Manto (63), dirinya sudah berjualan gudeg di tempat itu sejak tahun 1985. "Pernah pindah jualan di Kotabaru, tapi nggak seramai di sini," ujarnya kepada brilio.net, Kamis (6/8). Sejak saat itu, Bu Manto kembali berjualan di tempat semula.

Loading...

Salah seorang pelanggan, Bakhtiar (24) mengaku sering membeli sarapan di warung Bu Manto. Selain karena rasanya yang khas dan nikmat, gudeg Bu Manto juga terbilang murah. "Dan porsinya banyak," katanya sambil tertawa.